Pelni menyiapkan armada baru untuk melayani rute IKN. Foto: Arsip/Pelni
Bisnis

Pelni Siapkan Kapal Baru Layani Angkutan Logistik dan Pekerja IKN

  •  IBUKOTAKINI.COM - PT Pelayaran Indonesia (Pelni) menyiapkan kapal baru untuk mengangkut logistik dan migrasi pekerja proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara
Bisnis
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - PT Pelayaran Indonesia (Pelni) menyiapkan kapal baru untuk mengangkut logistik dan migrasi pekerja proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Kapal jenis roll on-roll of (ro-ro) tersebut, rencananya akan melayani rute padat,Surabaya-Balikpapan dan Surabaya-Banjarmasin. 

Kapal jenis ro-ro merupakan kapal berukuran besar yang memiliki ramp atau pintu besar di haluan, buritan atau lambung kapal. 

Sehingga kendaraan seperti truk dan mobil berbagai jenis bisa loading atau masuk kapal sendiri. General Manager (GM) PT Pelni Cabang Balikpapan, Anwar Sanusi, dikutip dari Antara, Rabu 14 September 2022 mengatakan, kapal baru itu direncanakan beroperasi tahun ini.

BACA JUGA:

“Kalaupun kapal ro-ro tidak sempat terealisasi pada 2022 ini, maka selambatnya awal 2023 nanti,” kata Anwar Sanusi.

Pelni menggarap rute IKN dengan serius. Hal ini terlihat dari rencana perusahaan berkantor di Balikpapan. 

“Rencana ini untuk melayani dan mendekati pelanggan dan pengguna jasa pelayaran, manajemen PT Pelni juga tengah bersiap-siap berkantor di Balikpapan sebagai kota penyangga IKN,” imbuh Sanusi.

Kapal dan kantor baru Pelni sebagai wujud kesiapan Pelni memberikan dukungan jasa transportasi angkutan logistik dan migrasi pekerja proyek pembangunan IKN.

BACA JUGA:

Saat ini Pelni telah memiliki 3 kapal dengan rute Balikpapan.  

“Kami siapkan 3 kapal, KM Labobar, KM Lambelu, dan KM Bukit Siguntang,” katanya. 

KM Labobar berkapasitas 2.600 penumpang, KM Lambelu dan KM Bukit Siguntang mampu mengangkut 2.000 penumpang. Ketiga kapal singgah di Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

KM Labobar, misalnya, sebelum ke Balikpapan berangkat dari Tanjung Perak, Surabaya. Bahkan KM Labobar saat ini juga disiapkan untuk mengangkut logistik menggunakan kontainer atau peti kemas.

BACA JUGA:

Adapun KM Lambelu dan Bukit Siguntang menyinggahi pelabuhan-pelabuhan di Nusa Tenggara seperti Maumere, Larantuka, baru menyeberang ke Baubau di Sulawesi Tenggara dan ke Balikpapan.

Presiden Jokowi menargetkan peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 sudah digelar di Istana Negara di Ibukota Nusantara. Karena itu saat ini pembangunan fisik ibukota baru tersebut sudah dimulai.

Diperhitungkan logistik atau bahan bangunan akan banyak dikirim melalui laut dan terus hingga ke ujung Teluk Balikpapan sebagai cara pengangkutan yang efisien. Apalagi di sisi barat teluk tersebut di sudah ada infrastruktur pelabuhan. ###