Sinar Mas Land Kembangkan Klaster Townville, Usung Konsep Hunian Modern dan Elegan di Grand City Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Pembangunan IKN Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Permintaan Hunian di Kaltim

  • Data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian di Provinsi Kalimantan Timur pada triwulan I-2024 tumbuh sebesar 7,26 persen dibandingkan dengan triwulan I-2023 (year-on-year). Pertumbuhan ekonomi ini mendorong peningkatan permintaan hunian, seiring dengan rencana pemerintah memindahkan ibu kota ke IKN.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian di Provinsi Kalimantan Timur pada triwulan I-2024 tumbuh sebesar 7,26 persen dibandingkan dengan triwulan I-2023 (year-on-year). Pertumbuhan ekonomi ini mendorong peningkatan permintaan hunian, seiring dengan rencana pemerintah memindahkan ibu kota ke IKN.

Menjawab kebutuhan ini, Sinar Mas Land meluncurkan klaster residensial terbaru, Townville, di Grand City Balikpapan. Mengusung tagline "The Most Luxurious Cluster," Townville didesain dengan konsep hunian modern dan elegan yang mengharmonikan alam dan kenyamanan dalam setiap sudutnya.

Townville dibangun di atas lahan seluas 4,9 hektare dan menawarkan tiga tipe hunian dengan luas 123 m², 175 m², dan 231 m². Setiap unit memiliki dua lantai dengan 4+1 kamar tidur lengkap dengan ensuite bathroom, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan carport dengan kapasitas hingga 3 mobil. Desain rumah di Townville memperhatikan sirkulasi udara dan cahaya alami dengan taman depan, samping, dan belakang yang saling terhubung. 

Selain itu, setiap unit dilengkapi dengan fitur smart home system, termasuk smart door lock, pencahayaan otomatis, dan kamera CCTV, memberikan keamanan dan kenyamanan ekstra bagi penghuni.

BACA JUGA:

CEO East Indonesia – Sinar Mas Land, Franky Najoan, menyatakan, Grand City Balikpapan terus menerima animo positif dari masyarakat sejak pengembangannya dimulai 11 tahun lalu. Klaster-klaster terdahulu di Grand City Balikpapan sukses terserap pasar dengan baik, sehingga kami memutuskan untuk memasuki segmen hunian high-end dengan menghadirkan Townville. 

“Klaster ini memiliki fasilitas terlengkap dan berlokasi strategis di tengah Grand City Balikpapan, hanya 4 km dari gerbang Tol IKN. Pada tahap pertama ini, kami memasarkan Townville secara eksklusif sebanyak 77 unit dengan harga mulai dari Rp2,5 miliar hingga Rp4,5 miliar,” ungkapnya dalam pernyataan resminya yang diterima ibukotakini.com pada Rabu 31 Juli 2024. 

Sinar Mas Land Kembangkan Klaster Townville, Usung Konsep Hunian Modern dan Elegan di Grand City Balikpapan

Townville dilengkapi dengan beragam fasilitas unggulan, termasuk garis penghijauan yang asri dan jogging track pada green corridor Grand City Balikpapan. Penghuni juga dapat menikmati mini theme park dengan outdoor gym, playground, dan community area khusus. Selain itu, penghuni dapat menikmati keindahan danau dan urban garden yang berada tepat di depan klaster.

Grand City Balikpapan tidak hanya menyediakan hunian rumah tapak, tetapi juga area komersial seperti Grand City Food Center, yang menjadi destinasi wisata kuliner baru bagi masyarakat Balikpapan. Kawasan seluas 252 hektare ini dekat dengan berbagai fasilitas, termasuk Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Umum Kanujoso, dan supermarket. 

Penghuni juga dapat mengakses gerbang Tol Karang Joang dalam 10 menit dan Bandara Internasional Sepinggan dalam 20 menit. Selain itu, fasilitas pendidikan seperti Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan, Institut Teknologi Kalimantan, dan Politeknik Negeri Balikpapan juga tersedia.

Mobilitas di Grand City Balikpapan semakin mudah dengan adanya tiga gerbang utama, dua di antaranya telah beroperasi, yakni akses Jalan MT Haryono dan Jalan Soekarno Hatta KM 7, yang terhubung melalui Jalan Sinar Mas Land Boulevard. Gerbang ketiga yang segera beroperasi akan memudahkan akses ke wilayah IKN di Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, menjadi penghubung langsung Kota Balikpapan dengan IKN. ***