Pembangunan Jembatan Sebulu Menyongsong Era Modernisasi Desa
Kutai Kartanegara

Pembangunan Jembatan Sebulu Menyongsong Era Modernisasi Desa

  • KUTAI KARTANEGARA - Pembangunan Jembatan Sebulu, yang akan menghubungkan Dusun Sirbaya dengan Desa Sebulu Modern, akan memasuki tahapan p
Kutai Kartanegara
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Pembangunan Jembatan Sebulu, yang akan menghubungkan Dusun Sirbaya dengan Desa Sebulu Modern, akan memasuki tahapan peletakan batu pertama oleh bupati Kukar.

Camat Sebulu, Edy Fachrudin, menyatakan, rencana groundbreaking akan dilakukan sebelum atau sesudah lebaran, dengan dukungan luas dari berbagai elemen masyarakat lokal. 

“Rencananya Pak bupati yang akan melakukan groundbreaking, untuk waktunya perkiraan sebelum atau sesudah lebaran,” ujar Camat Sebulu, Edy Fachrudin pada, Kamis 21 Maret 2024.

Ia mengungkapkan, Jembatan yang akan dibangun, memiliki bentuk dan struktur yang sama persis dengan Jembatan Kartanegara di Tenggarong dan Jembatan Martadipura di Kecamatan Kota Bangun, yakni menggunakan struktur melengkung. 

Ditambah lagi, Tahapan awal pembangunan akan melibatkan pengurukan tanah, pembangunan pondasi, dan pembangunan jalan pendekatnya.

BACA JUGA:

“Artinya sekarang akan melakukan pengurukan tahap awal dengan menguruk tanah, membangun pondasi, dan jalan pendekatnya,” lanjutnya.

Dukungan dari semua pihak sudah terkantongi untuk kelancaran proses pembangunan jembatan. Bahkan, dalam rapat kecamatan yang bekum lama digelar, semua pihak sepakat untuk mendukung pembangunan jembatan yang telah dinanti selama 13 tahun ini.

Terakhir, Edi juga menerangkan, bahwa pengusaha pemilik feri juga telah menerima sosialisasi dan siap untuk beralih ke profesi lain. Hal ini menunjukan, bahwa pembangunan jembatan Sebulu telah mendapatkan dukungan luas dari berbagai pihak dan akan membawa dampak positif bagi masyarakat setempat.

“Pengusaha pemilik feri juga telah menerima sosialisasi dan siap beralih ke profesi lain,” tutupnya. (Adv/Diskominfo Kukar)