Kepala Dinkes Balikpapan Alwiati sebutkan Pembangunan RS Balikpapan Timur masuki tender
Balikpapan

Pembangunan Rumah Sakit Balikpapan Timur Masuki Tender Penyusunan DED

  • Lokasi rumah sakit wilayah Baltim merupakan aset milik Pemkot yang berada di Jalan Kacang, Kelurahan Lamaru, Kecamatan Baltim.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

IBUKOTAKINI.COM - Fasilitas kesehatan di wilayah Kecamatan Balikpapan Timur (Baltim) sangat minim dan tidak berbanding lurus dengan jumlah penduduk yang berada di wilayah tersebut.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan berupaya melakukan pemerataan salah satunya di fasilitas kesehatan, sehingga masyarakat Baltim lebih mudah mengakses jika membutuhkan pelayanan kesehatan.

Pemkot Balikpapan melalui Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan akan membangun Rumah Sakit Tipe C di wilayah Baltim. Saat ini masih tender penyusunan Detail Engineering Design (DED), dengan anggaran sebesar Rp 2,6 miliar.

"Kalau tender jasa konsultan ada dua kali yakni daftar panjang dan daftar pendek. Kami sudah melaksanakan daftar pendek," jelas Kepala DKK Balikpapan, Alwiati pada Rabu 21 Agustus 2024.

BACA JUGA:

Alwi kerap disapa mengatakan pengerjaan penyusunan DED dan Master Plan membutuhkan waktu berkisar empat bulan, sehingga penganggaran fisik pembagunan rumah sakit Baltim ini baru bisa dibahas pada tahun 2025.  "Sampai akhir tahun nanti baru selesai penyusunan DED," katanya.

Lokasi rumah sakit wilayah Baltim merupakan aset milik Pemkot yang berada di Jalan Kacang, Kelurahan Lamaru, Kecamatan Baltim. Dengan luas lahan yang akan digunakan sekitar 5.000 hektare. Namun, spesifikasi bangunan belum bisa disebutkan karena masih menunggu DED selesai. 

"Tunggu DED selesai. Kita harus menyesuaikan kondisi lahan," imbuhnya.

Diketahui bahwa pembangunan rumah sakit di wilayah Kaltim lebih luas daripada rumah sakit di wilayah Balikpapan Barat yang saat ini mulai tahap pembangunan. ***