Dr Novel Tyty Pambonan
Kabar Ibu Kota

Pemenuhan Hak Guru dan Sarana Prasarana, Kunci Pendidikan Berkualitas

  • KUTAI TIMUR - Setiap siswa di Kutai Timur diharapkan memiliki akses pendidikan berkualitas dalam lingkungan yang kondusif untuk belajar.
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

KUTAI TIMUR, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur perlu memerhatikan dua aspek penting dalam bidang pendidikan sebagai salah satu upaya pemerataan dan peningkatan sumber daya manusia. 

Dua aspek penting tersebut adalah sumbre daya manusia di sektor pendidikan, yaitu guru dan tenaga kependidikan. Dan kedua adalah infrastruktur atau sarana dan prasarana di bidang pendidikan.

Dua aspek ini menjadi sorotan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Timur (DPRD) Kabupaten Kutai Timur, Novel Tyty Paembonan. Dalam pandangannya, dua aspek tersebut perlu mendapat perhatian lebih dalam pengembangan SDM di daerah ini. 

“Terkait dengan sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan, khususnya guru, pemerintah agar memenuhi hak-hak guru, baik yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Tenaga Kontrak Daerah (TKD), Tenaga KOntrak Sekolah (TKS) maupun yang masih berstatus honor, harus diberikan dengan adil,” jelasnya.

BACA JUGA:

Selain persoalan kesejahteraan, Novel juga berharap peningkatan kapasitas guru dan tenaga kependidikan terus ditingkatkan. Baik melalui seminar-semminar, pelatihan, maupun sertifikasi guru. 

Sementara terkait sarana dan prasarana (Sapras) pendidikan, ia minta agar dinas terkait dapat membangun proyek-proyek sekolah yang memenuhi standar paripurna.

"Sekolah seharusnya tidak lagi menggunakan bahan kayu, serta fasilitas seperti kamar mandi yang bersih, ruang kelas yang dilengkapi dengan AC, kursi, dan meja yang memadai," kata politisi Gerindra itu.

Dirinya juga menggarisbawahi, bahwa menciptakan lingkungan pendidikan yang baik adalah langkah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kutai Timur.

"Hal ini mencakup berbagai jenis guru, mulai dari yang telah menjadi PNS hingga yang masih berstatus honor," bebernya.

BACA JUGA:

Dirinya beranggapan, Dalam menghadapi tantangan pendidikan, peran guru sangat krusial, dan memberikan penghargaan dan dukungan kepada mereka adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini.

Sementara itu, dalam mengatasi isu sarana dan prasarana pendidikan, pihaknya minta agar dinas pendidikan dan pihak terkait dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa fasilitas sekolah di Kutai Timur memenuhi standar yang dibutuhkan.

"Dengan harapan, bahwa setiap siswa di Kutai Timur akan memiliki akses ke pendidikan berkualitas dalam lingkungan yang kondusif untuk belajar," harapnya. (adv)