Sekda Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono
Kabar Ibu Kota

Pemkab Kukar Bentuk Tim Penanganan Karhutla

  • IBUKOTAKINI.COM - Pembentukan tim khusus ini dharapkan dapat mencegah terjadinya karhutla, sekaligus melakukan penanggulangan dengan segera apabila terjadi kasus karhutlan.
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengambil langkah strategis dalam mencegah kebakaran hutan dan hahan (Karhutla). Pemerintah membentuk tim penanganan khusus yang telah disebar ke berbagai lokasi rawan karhutla.

Pembentukan tim khusus ini dharapkan dapat mencegah terjadinya karhutla, sekaligus melakukan penanggulangan dengan segera apabila terjadi kasus karhutlan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono mengatakan, Tim Penanganan Karhutla juga bertugas untuk menetapkan status kebakaran hutan dan lahan bersama para stakeholder dan pihak terkait.

“Kita terus memantau bersama BMKG titik titik panas, hotspot, yang ada di Kukar supaya bisa kita antisipasi, bisa kita prediksi kemungkinan penangannya, bersama semua komponen yang ada di lapangan,” kata Sunggono.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Sunggono memaparkan bahwa sampai saat ini, seluruh karhutla masih bisa ditangani dengan sigap dan cepat tanggap.

“Alhamdulillah saat ini dalam laporan yang sampai ke kami, semuanya bisa kita tanggulangi dan belum sampai ada sesuatu yang tidak bisa kita tangani,” ujar Sunggono saat ditemui wartawan , Jumat 6 Oktober 2023.

Sekda Kukar mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap bahaya pembakaran hutan dan lahan, yang dapat menimbulkan efek buruk apabila tidak dapat ditangani dengan sigap.

“Mudah mudahan masyarakat semakin sadar, jangan sampai membakar hutan dan lahan lagi karna itu akan menjadi sebab buruk termasuk juga akan bisa terancam pidana kalau sampai meluas dan tidak bisa dikendalikan,” kata Sunggono. (adv)