Pemkab Optimis PPU Menjadi Lumbung Pangan Ibu Kota Negara BaruLakukan Pengembangan (Ilustrasi)
Penajam

Pemkab Optimis PPU Menjadi Lumbung Pangan Ibu Kota Negara Baru

  • Upaya yang dilakukan dengan perencanaan jangka Panjang, dan pelaksanaan program-program strategis untuk meningkatkan kapasitas produksi pertanian di PPU.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus tancap gas dalam meningkatkan produksi pertaniannya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi PPU sebagai lumbung pangan utama Kalimantan Timur (Kaltim), terutama dengan kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) baru di wilayah tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pertanian PPU, Andi Traso Diharto, berbagai langkah strategis telah diambil untuk memastikan PPU dapat menjadi penyuplai utama hasil pertanian bagi IKN dan sekitarnya. 

“Upaya yang dilakukan dengan perencanaan jangka Panjang, dan pelaksanaan program-program strategis untuk meningkatkan kapasitas produksi pertanian di PPU,” ucapnya baru-baru ini.

Lanjut Andi Traso, peningkatan produksi berbagai jenis tanaman pangan dan hortikultura yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan permintaan yang stabil.

Selanjutnya, pendataan lahan-lahan pertanian di seluruh desa untuk membantu dalam perencanaan dan pemanfaatan lahan secara optimal.

BACA JUGA:

“Kerja sama dengan TNI dan Polri untuk memastikan keamanan dan kelancaran dalam pengelolaan lahan pertanian,” imbuh dia.

Andi Traso optimis bahwa dengan berbagai upaya yang dilakukan, PPU dapat menjadi lumbung pangan yang handal dan mendukung ketahanan pangan nasional. 

“Kehadiran IKN diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong peningkatan produksi pertanian di PPU dan menjadikan daerah ini sebagai pemain kunci dalam penyediaan bahan pangan bagi ibu kota negara yang baru,” harapnya. (Adv/Diskominfo PPU)