Kepala Diskominfo PPU Khairudin menyampaikan bahwa tujuan monev
Penajam

Pemkab PPU Gelar Monev E-Office: Tingkatkan Efisiensi Administrasi Digital

  • Tujuan monev ini adalah untuk menggali kendala yang dialami perangkat daerah dalam menggunakan e-Office, sehingga dapat dilakukan penyempurnaan.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pemanfaatan aplikasi e-Office pada Rabu (5/6/2024) di ruang rapat Kantor Diskominfo PPU.

Kegiatan monev ini dihadiri oleh seluruh perangkat daerah dan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yaitu Hidayat Tulloh selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Produk Hukum Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Derah Kemendagri dan Safaruddin Hidayat Al Ikhsan selaku tenaga ahli IT e-Office.

Aplikasi e-Office merupakan aplikasi administrasi perkantoran berbasis elektronik yang diinisiasi oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas administrasi di lingkungan Pemkab PPU.

Penggunaan aplikasi ini telah berjalan selama lima bulan, sehingga diperlukan monev untuk menyempurnakan implementasinya.

Kepala Diskominfo PPU Khairudin menyampaikan bahwa tujuan monev ini adalah untuk pengembangan aplikasi e-Office agar lebih baik lagi sesuai dengan kebutuhan perangkat daerah.

"Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui apa yang telah kita lakukan dari bulan Januari hingga saat ini sebagaimana dari perangkat daerah, bapak/ibu yang ditunjuk sebagai admin. Tentunya dari pimpinan sudah menyampaikan bahwa ditugaskan untuk hadir di sini memberikan masukan terhadap apa yang (menjadi) kekurangan untuk dilengkapi di e-office," ujarnya.

BACA JUGA:

Masukan yang diberikan oleh masing-masing perangkat daerah diharapkan dapat membantu pengembangan aplikasi dan mempermudah administrasi secara digital.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Produk Hukum Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Derah Kemendagri Hidayat Tulloh menyampaikan apresiasi atas penggunaan e-Office yang berjalan dengan sangat baik di Pemkab PPU.

Hal ini terbukti dari jumlah surat keluar yang tinggi, sekitar dua belas ribu surat, yang menunjukkan bahwa aplikasi ini digunakan secara masif di semua perangkat daerah.

"Kami sangat bangga bahwa ini berjalan lebih dari ekspektasi kami, lima bulan, ternyata orang Penajam Paser Utara ini hebat-hebat, dikasih program ini langsung bisa running well," ucapnya.

Hidayat Tulloh menambahkan bahwa tujuan monev ini adalah untuk menggali kendala yang dialami perangkat daerah dalam menggunakan e-Office, sehingga dapat dilakukan penyempurnaan.

Penyempurnaan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang saat ini menjadi fokus pemerintah. (Adv/Diskominfo PPU)