Pemkab PPU Siap Sukseskan Pembagian Bendera Merah Putih
Penajam

Pemkab PPU Siap Sukseskan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

  • Momen penting ini menjadi simbol komitmen kuat PPU dalam menggaungkan semangat nasionalisme melalui bendera merah putih.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) siap menyemarakkan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tahun 2024. Dimulai dari 1 Juni hingga 17 Agustus 2024, program ini diharapkan dapat membangkitkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme masyarakat.

Acara pencanangan awal gerakan ini akan dilaksanakan di Kabupaten PPU dan akan dihadiri serta dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia. Momen penting ini menjadi simbol komitmen kuat PPU dalam menggaungkan semangat nasionalisme melalui bendera merah putih.

Pj. Bupati PPU, Makmur Marbun, menjelaskan bahwa gerakan ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap menurunnya kesadaran masyarakat dalam memasang bendera merah putih pada hari-hari besar nasional. "Hal ini dikhawatirkan dapat memicu memudarnya semangat nasionalisme dan wawasan kebangsaan, terutama di kalangan generasi muda," katanya pada Selasa 4 Juni 2024.

BACA JUGA: 

Lebih memprihatinkan lagi, menurutnya, munculnya paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila semakin memperparah situasi. 

"Oleh karena itu, gerakan pembagian bendera merah putih ini diharapkan dapat menjadi pengingat dan penyadaran bagi masyarakat tentang pentingnya menghormati dan mengibarkan bendera pusaka bangsa," tandasnya.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, gerakan pembagian bendera merah putih tahun ini akan dilaksanakan dengan durasi yang lebih lama, yaitu dari 1 Juni hingga 17 Agustus 2024. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan hasil dan dampak positif dari gerakan ini, khususnya dalam menyambut Pemilu Kepala Daerah serentak Tahun 2024.

"Kami berharap momentum ini dapat membangkitkan semangat baru bagi masyarakat untuk memberikan diri bagi bangsa dan negara, demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik," harapnya.

Partisipasi dan Swadaya Masyarakat Kunci Sukses

Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih ini akan dilaksanakan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat. Baik secara individu, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintahan, maupun swasta, semua pihak diharapkan dapat berkontribusi dalam menyukseskan gerakan ini. Kesbangpol akan bertindak sebagai leading sektor dalam mengkoordinasikan dan mengarahkan seluruh kegiatan.

Sebagai bagian dari gerakan ini, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) akan menggelar kirab bendera merah putih dan pembagian bendera kepada masyarakat pada hari Sabtu, 8 Juni 2024. Kirab ini akan dimulai di depan Masjid Agung Al-Ikhlas dan berakhir di halaman kantor Bupati.

Berbagai elemen masyarakat, seperti pelajar SD, SMP, SMA, ormas, dan seluruh OPD, akan dilibatkan dalam kirab ini. Drum band dari sekolah dan tim paskibraka akan memeriahkan acara, menyemarakkan semangat kebersamaan dan nasionalisme di antara seluruh peserta. (Adv/Diskominfo PPU)