Pemkot Balikpapan Apresiasi Balai Bahasa Kaltim atas Pembinaan Pengutamaan Bahasa Negara
Kabar Ibu Kota

Pemkot Balikpapan Apresiasi Balai Bahasa Kaltim atas Pembinaan Pengutamaan Bahasa Negara

  • Pemkot Balikpapan berkomitmen untuk terus mendukung program-program yang berfokus pada pembinaan dan pengutamaan bahasa Indonesia di berbagai sektor.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan memberikan apresiasi kepada Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) atas penyelenggaraan pembinaan lembaga dalam pengutamaan bahasa negara yang berlangsung di Ballroom Maxone Balikpapan, pada Kamis 3 September 2024.

Kegiatan yang bertujuan memperkuat peran bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan simbol pemersatu bangsa tersebut dihadiri Pjs Wali Kota Balikpapan, Akhmad Muzakkir.

Ahmad Muzzakir, mengungkapkan bahwa bahasa Indonesia tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai simbol identitas nasional dan budaya bangsa. 

"Bahasa bukan sekedar alat komunikasi, tetapi juga simbol identitas nasional dan budaya," ungkapnya dalam sambutannya.

Ia menegaskan bahwa Pemkot Balikpapan berkomitmen untuk terus mendukung program-program yang berfokus pada pembinaan dan pengutamaan bahasa Indonesia di berbagai sektor. 

“Pentingnya sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat dalam menjaga martabat bahasa Indonesia,” ucap Akhmad Muzakkir.

BACA JUGA:

Dalam kesempatan itu, Balai Bahasa Kaltim dan Kaltara memberikan apresiasi kepada Lembaga yang ikut andil dalam Program Pengutamaan Bahasa Negara di ruang publik dan dokumen Lembaga negara. 

Penyerahan apresiasi diserahkan oleh Pjs Wali Kota didampingi Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Zulkipli, dan Kepala Balai Bahasa Kaltim, Halimi Hadibatra. 

Pemkot Balikpapan Apresiasi Balai Bahasa Kaltim atas Pembinaan Pengutamaan Bahasa Negara

Beberapa instansi dari Pemerintah Kota Balikpapan mendapatkan apresiasi. Di antaranya Dinas Komunikasi dan Informatika, bagian Organisasi, Sekretariat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan. 

Kepala Balai Bahasa Kaltimra, Halimi, mengungkapkan, bahwa pembinaan langsung dilakukan secara bertahap yang dilakukan sejak tahun 2022 hingga 2024. 

“Secara bertahap lembaga-lembaga tertentu termasuk yang di Balikpapan ini ada 12 lembaga yang dipilih yang dilakukan pendampingan atau pembinaan,” ujarnya.

Menurutnya, pengutamaan bahasa negara di ruang publik adalah sangat penting karena bisa diakses masyarakat luas. “Masyarakat juga harus terbiasa menggunakan bahasa Indonesia, agar ini jadi kebiasaan sehari-hari,” pungkasnya.  ***