Pemkot Balikpapan Apresiasi TAFISA Southeast Asian Forum dan KORMI atas Tiga Event Internasional
Kabar Ibu Kota

Pemkot Balikpapan Apresiasi TAFISA Southeast Asian Forum dan KORMI atas Tiga Event Internasional

  • Ke depan, pada tahun 2026, Balikpapan akan menjadi tuan rumah TAFISA Games di Kalimantan Timur, dengan lokasi utama di dekat Ibu Kota Nusantara dan Kota Samarinda.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan memberikan apresiasi kepada The Association For International Sport for All (TAFISA) Southeast Asian Forum (TSAF) Tahun 2024 dan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional yang telah sukses menyelenggarakan tiga event berskala internasional di kota ini.

Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Kota Balikpapan, Adamin Siregar, menjelaskan bahwa ketiga event tersebut dimulai dengan World Walking Day 2024 atau Hari Jalan Kaki Sedunia, diikuti oleh TAFISA Southeast Asian Forum dan saat ini berlangsungnya Tafisa Leadership Workshop.

“Kami berterima kasih kepada TAFISA dan KORMI karena acara internasional ini diadakan di Balikpapan. Ini memberikan nilai positif bagi kota kita, karena gaungnya sampai ke internasional,” kata Adamin setelah pembukaan Tafisa Leadership Workshop di Hotel Platinum Balikpapan pada Selasa 8 Oktober 2024.

Adamin menambahkan bahwa kegiatan ini sangat luar biasa dan merupakan yang pertama kali di Balikpapan. Tema Tafisa Leadership Workshop, yakni "Effective Leadership in Sport for All", diharapkan dapat memberikan peserta wawasan dan manajemen yang lebih baik terkait pengelolaan olahraga, baik untuk seluruh jenis olahraga di Indonesia maupun di Balikpapan khususnya. 

"Event ini akan menghasilkan diskusi yang baik untuk masyarakat," harapnya.

Ke depannya, Adamin mengungkapkan bahwa Balikpapan akan menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan event di tahun 2026, dan ini merupakan target penting bagi kota dalam menjadi destinasi MICE (Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions) dengan banyak acara bertaraf internasional.

BACA JUGA:

Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman, juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Balikpapan dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan ketiga event tersebut. Tiga event internasional ini merupakan kebanggaan bagi Balikpapan.

World Walking Day 2024 berhasil memecahkan rekor dunia dan nasional dengan menghadirkan sekitar 15.000 peserta. TAFISA Southeast Asian Forum yang diikuti oleh 11 negara ASEAN juga merupakan forum pertama kali di Indonesia dan di dunia.

Ke depan, pada tahun 2026, Balikpapan akan menjadi tuan rumah TAFISA Games di Kalimantan Timur, dengan lokasi utama di dekat Ibu Kota Nusantara dan Kota Samarinda. 

“Mudah-mudahan, ini bisa membawa KORMI lebih maju, terutama KORMI Kota Balikpapan bisa bersinergi dengan pemerintah untuk memajukan olahraga masyarakat,” terang Muslimin.

Untuk persiapan TAFISA Games, KORMI Nasional akan mewakili Indonesia, dan KORMI di tingkat kabupaten, kota, dan provinsi diharapkan dapat memperbanyak kompetisi antar organisasi. KORMI berfokus pada kebugaran masyarakat daripada sekadar prestasi, karena prestasi dianggap sebagai bonus.

“Kami berharap keterlibatan semua pihak. KORMI menjadi mitra pemerintah dalam mengolahragakan masyarakat, sehingga kebugaran masyarakat pada tahun 2045 bisa dicapai dengan baik, dan Indonesia melalui KORMI dapat menjadi landasan untuk mendorong masyarakat berolahraga,” pungkasnya. ***