Pemkot Balikpapan Beri Apresiasi Wajib Pajak melalui Gebyar Pajak Tahun 2023
Kabar Ibu Kota

Pemkot Balikpapan Beri Apresiasi Wajib Pajak dalam Gebyar Pajak Tahun 2023

  • IBUKOTAKINI.COM - Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan menggelar gebyar pajak tahun 2023 di Pe
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan menggelar gebyar pajak tahun 2023 di Pentacity Mall, pada Sabtu 14 Oktober 2023. Gebyar pajak digelar untuk memberikan penghargaan kepada wajib pajak yang taat membayar pajak. 

Plh Asisten 3 Administrasi Umum Kota Balikpapan, Zulkifli berharap gebyar pajak daerah dapat memberi motivasi lebih kepada masyarakat, untuk terus menjadi wajib pajak yang taat pajak dalam melakukan kewajiban perpajakannya. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terus berupaya dan berinovasi dalam memberikan layanan pajak daerah, untuk memudahkan masyarakat Kota Balikpapan khususnya wajib pajak dalam melakukan kewajibannya melakukan pembayaran pajak daerah.

Apalagi diera digital ini, pajak daerah telah memberikan layanan pajak online yang dimulai dari pendaftaran, pelaporan, pembayaran dan cetak bukti bayar, semua dapat dilakukan secara online tanpa harus datang ke loket pelayanan di kantor.

"Keberhasilan Kota Balikpapan dalam melakukan pembangunan infrastruktur  kota tidak terlepas dari keikutsertaan masyarakat Kota Balikpapan melalui pembayaran pajak daerah," terangnya sebelum membuka kegiatan.

BACA JUGA:

Dalam kesempatan, Plt. Kepala Kaban BPPDRD, Idham menyampaikan pembangunan Kota Balikpapan dibawa kepemimpinan Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud terus bergeliat dan terus mengakselerasi diri.

Begitu juga dengan pelayanan kepada masyarakat salah satunya bidang pendidikan, kesehatan dalam hal ini iuaran BPJS Kesehatan terus dianggarkan oleh Wali Kota. Termasuk peningkatan Sumber Daya Manusia Kota Balikpapan juga terus dikembangkan.

"Kita lihat pembangunan infrastruktur di segala bidang sedang bergeliat di hampir sudut Kota Balikpapan  Walaupun memang mungkin ada riak-teriak tapi yakinlah ketika semua proses infrastruktur ini selesai warga Kota Balikpapan pasti akan merasakan betapa pentingnya perbaikan infrastruktur ini," ucapnya.

Hal ini membutuhkan pembiayaan yang sangat besar, salah satu sumber pembiayaan untuk pembangunan kota ini dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada kota masyarakat berasal dari Pendapatan Asli Daerah Kota Balikpapan.

"Salah satu tulang punggung pendapatan kota ini adalah berasal dari pajak daerah yang cukup besar," serunya.

Oleh karena itu, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada wajib pajak masyarakat Kota Balikpapan.

"Saya selaku Kepala BPPDR Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat kota. Yakinlah Bapak Ibu satu rupiah pun yang masyarakat kota berikan kepada Pemerintah Kota Balikpapan itu semua akan kembali kepada masyarakat Kota Balikpapan," ucapnya.

BPPDRD Kota Balikpapan terus memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk membayar pajak. "Jangan sampai ada stigma mau bayar pajak saja susah, ini yang kita terus kembangkan kepada masyarakat Balikpapan," serunya.

Berharap ke depan inovasi pengembangan untuk terus dilakukan dan modernisasi digitalisasi terus dikembangkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Balikpapan.

Dalam Gebyar pajak tahun 2023, BPPDRD Kota Balikpapan memberikan penghargaan atas kepatuhan dalam membayar pajak dari berbagai kategori.

Diawali dari kepatuhan pembayaran pajak hotel diberikan kepada hotel Golden Tulip; kepatuhan pembayaran pajak restoran diberikan kepada restoran kampung kecil; kepatuhan pembayaran pajak hiburan diberikan kepada Fun Station Mall E-Walk; pembayaran pajak parkir oleh PT Securindo Pockatama; pembayaran pajak penerangan jalan diberikan PT PLN dan ketepatan penyelesaian piutang pajak oleh PT Aerofood Indonesia.

Penghargaan juga diberikan kepada RT yang aktif menjadi agen pembayaran PBB-P2 yang diberikan kepada RT 42 Kelurahan Margo Mulyo; RT 29 Kelurahan Teritip dan RT 41 Kelurahan Teritip.

Termasuk, penghargaan kepada RT yang aktif dalam memberikan informasi mengenai PBB-P2, yaitu RT 71 Kelurahan Graha Indah; RT 35 Kelurahan Gunung Bahagia dan RT 08 Kelurahan Batu Ampar.

Gebyar pajak tahun 2023 memberikan hadiah wajib pajak masyarakat Balikpapan yang taat membayar pajak diantaranya sepeda motor, kulkas, televisi, mesin cuci, tablet, sepeda gunung dan hadiah lainnya. (*)