Pemkot Balikpapan Imbau Pengendara Roda Empat Tak Paksakan Diri Lintasi Jalan Perum Pemda-Wika
Kabar Ibu Kota

Pemkot Balikpapan Imbau Pengendara Roda Empat Tak Paksakan Diri Lintasi Jalan Perum Pemda-Wika

  • IBUKOTAKINI.COM - Terkait rencana pembukaan jalan depan Global Sport yang belum bisa terealisasi hari ini, Pemerintah Kota Balikpapan imbau pe
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Terkait rencana pembukaan jalan depan Global Sport yang belum bisa terealisasi hari ini, Pemerintah Kota Balikpapan imbau pengendara roda empat untuk tidak memaksakan diri melintasi jalan Perumahan Pemda-Wika.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Tata Pemerintahan Kota Balikpapan, Zulkipli ketika mengawasi pengerjaan proyek DAS Ampal di jalan depan Global Sport yang rencananya akan mulai dibuka hari ini, Rabu (29/3/2023).

Dikarenakan beberapa pertimbangan berkaitan dengan keselamatan pengguna jalan, jalan tersebut belum juga bisa diizinkan untuk dilintasi oleh pengendara.

Meskipun, tampaknya jalan tersebut sudah siap dan dapat dilintasi dengan sangat berhati-hati. Namun, pihak Pemkot Balikpapan tetap tak ingin mengambil risiko. Apalagi, berkaitan dengan keselamatan masyarakat pengguna jalan.

Sebelumnya, seluruh pihak terkait telah memutuskan akan melalukan uji coba pada jalur tersebut, khusus bagi kendaraan roda empat. 

Sebab, risiko kendaraan roda dua melintas dan mudah tergelincir sangat lah besar. Mengingat, proyek pengerjaan di titik tersebut belum tuntas 100 persen dan dapat membahayakan pengendara.

“Untuk sementara, yang roda dua bisa lewat Perumahan Pemda dulu ya,” kata Zulkipli.

BACA JUGA:

Namun demikian, pihaknya tetap membatasi pengendara roda empat untuk melewati jalan Perumahan Pemda-Wika. Karena, badan jalan memiliki keterbatasan lebar yang tak mampu menampung banyaknya kendaraan yang melintas.

“Kami juga akan menahan dulu yang mobil karena tidak bisa dipaksa motor dan mobil masuk di Perumahan Pemda, karena jalannya sempit,” terangnya.

Zulkipli menjelaskan, baru beberapa hari izin melintas di Perumahan Pemda-Wika dibuka, namun jumlah pengguna jalan pun sudah mengalami kepadatan yang signifikan.

“Hari ini sangat luar biasa crowded (padat/ramai) di situ, jadi cukup motor dulu yang kita buka,” jelasnya.

“Kemudian, yang keluar dari Wika arah ke Balikpapan Baru masuk ke arah Masjid,” tambahnya.

Ia menambahkan, pengendara roda empat diharapkan dapat mengalah untuk melewati jalan umum terlebih dahulu. Sebelum, izin melintas jalan depan Global Sport dipublikasikan.

“Sementara, untuk mobil ya mengalah dulu karena mobil kan tidak kepanasan juga. Silakan lewat jalan umum lah. Jangan masuk ke komplek dengan jalan yang kecil itu,” tuturnya.

Meskipun, melalui edaran yang telah diumumkan pun tidak ada larangan melintas untuk kendaraan roda empat. Pihaknya telah mengevaluasi kepadatan lalu lintas yang terjadi disebabkan oleh jumlah pengendara melintas, baik roda empat dan roda dua.

“Tapi, setelah kita evaluasi satu-dua hari ini ternyata sangat luar biasa (kepadatan lalu lintas yang terjadi),” tutupnya. ###