Pemkot Balikpapan Kukuhkan 39 Anggota Paskibraka untuk HUT RI ke-79
Balikpapan

Pemkot Balikpapan Kukuhkan 39 Anggota Paskibraka untuk HUT RI ke-79

  • Pengukuhan ini adalah awal dari perjalanan menjadi anggota Paskibraka, di mana tugas mereka tidak hanya mengibarkan bendera, tetapi juga menjaga kehormatan dan martabat bangsa melalui tindakan yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Pemerintah Kota Balikpapan mengukuhkan 39 anggota Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara yang akan dilaksanakan Sabtu, 17 Agustus 2024, di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC Dome). 

Pengukuhan ini dipimpin oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dan turut dihadiri oleh Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Wali Kota Rahmad Mas’ud menyatakan bahwa proses menjadi anggota Paskibraka bukanlah hal yang mudah. 

"Perjalanan menjadi anggota Paskibraka cukup panjang, mulai dari seleksi hingga karantina untuk pendidikan, dan malam ini kalian dikukuhkan," katanya. 

Ia juga menegaskan bahwa menjadi bagian dari Paskibraka tidak hanya tentang kemampuan baris-berbaris atau pengibaran bendera semata, melainkan juga soal komitmen, disiplin, dan tanggung jawab yang harus diemban.

Rahmad menekankan bahwa para anggota Paskibraka adalah sumber semangat juang dan persatuan bangsa. 

BACA JUGA:

"Dalam diri kalian tercermin semangat pemuda yang penuh cinta tanah air," tambahnya. 

Wali kota mengingatkan bahwa pengukuhan ini adalah awal dari perjalanan menjadi anggota Paskibraka, di mana tugas mereka tidak hanya mengibarkan bendera, tetapi juga menjaga kehormatan dan martabat bangsa melalui tindakan yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada para pembina dan pelatih yang telah berdedikasi dalam melatih anggota Paskibraka. 

"Saya mewakili Pemkot Balikpapan menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan kesabaran dalam melatih anggota Paskibraka," ungkapnya.

Sebelumnya, 39 anggota Paskibraka ini telah melalui proses seleksi yang ketat sejak Februari 2024. Para peserta, yang berasal dari jenjang pendidikan SMA sederajat, harus mengikuti serangkaian tes, termasuk tes wawasan kebangsaan yang diuji langsung oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), serta tes administrasi, wawasan kebangsaan, dan fisik.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Balikpapan, Sutadi menyebutkan bahwa empat anggota Paskibraka Kota Balikpapan akan dikirim untuk menjadi bagian dari pasukan Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Timur. 

"Saat ini mereka sedang melaksanakan pelatihan di ruang terbuka dan akan dikarantina mulai 6 Agustus di Hotel Town House, Bukit Damai Indah (BDI) Balikpapan," ujarnya. 

Semua tahapan seleksi dilakukan secara transparan dan murni berdasarkan kemampuan para peserta yang mendaftar. (*)