Pemkot Balikpapan Perbanyak Sapras Layanan Kesehatan
Kabar Ibu Kota

Pemkot Balikpapan Perbanyak Sapras Layanan Kesehatan

  • BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan terus meningkat layanan kesehatan melalui penambahan sarana dan prasarana kesehatan. Hal ini
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Balikpapan terus meningkat layanan kesehatan melalui penambahan sarana dan prasarana kesehatan. 

Hal ini diungkapkan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman ketika membuka Pelatihan Sterilisasi Tingkat Dasar di ballroom Hotel Horison Balikpapan pada Selasa 21 November 2023.

Ia mengatakan kesehatan merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terus memperbanyak sarana dan prasarana dalam menunjang layanan kesehatan.

"Saat ini Pemkot Balikpapan proses membangun Rumah Sakit Ibu dan Anak di wilayah Balikpapan Barat. Begitu juga dengan peningkatan puskesmas dibeberapa wilayah yang sedang berproses," ungkapnya.

BACA JUGA:

Tak hanya itu, Pemkot Balikpapan juga melakukan peningkatan kesejahteraan tenaga kesehatan, yang menjadi salah satu prioritas pemerintah saat ini, baik melalui pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja, pemberian insentif tenaga kesehatan maupun dengan program lainnya.

Pemerintah Kota Balikpapan tetap memberikan prioritas layanan kesehatan masyarakat dengan memberikan subsidi Jaminan Sosial Kesehatan bagi 189 Ribu penduduk, meskipun anggaran yang dimiliki Pemerintah Kota Balikpapan terbatas.

"Dengan kata lain, upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dilakukan pemerintah dari hulu ke hilir. Saya juga mengajak seluruh pihak, untuk bersama-sama berkolaborasi dan bersinergi mewujudkan masyarakat yang sehat," terangnya.

Melalui kegiatan ini mampu mencetak para praktisi sterilisasi yang kompeten, sehingga pelayanan pasien di rumah sakit, semakin berkualitas. Apalagi rumah sakit di Kota Balikpapan telah menjadi rujukan perawatan kesehatan bagi daerah lainnya.

Tentunya, tuntutan akan pelayanan kesehatan semakin meningkat. Dengan keberadaan Ibu Kota Negara kebutuhan masyarakat atas pelayanan kesehatan prima terus bertambah. 

"Artinya kebutuhan akan fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai, sejalan dengan kebutuhan tenaga kesehatan yang kompeten dan profesional," imbuhnya. ***