Pemkot Balikpapan Pertimbangkan Tawaran Kerja Sama Pendidikan dari Konjen India
Kabar Ibu Kota

Pemkot Balikpapan Pertimbangkan Tawaran Kerja Sama Pendidikan dari Konjen India

  • Dalam waktu dekat ini memang belum bisa memastikan apa bisa atau tidak dilaksanakan kerja sama ditahun ini, karena tahap pertama mengidentifikasi terlebih dulu, dari beberapa daftar khusus dan lokus-lokus yang ditawarkan, untuk disesuaikan dengan kebutuhan.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mendapatkan tawaran kerja sama berbagai bidang dari Konsul Jenderal India, Bali. 

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir menyambut baik tawaran kerja sama yang disampaikan Konsul Jenderal India, Bali, Dr. Shashank Vikram, yang berkunjung di Balai Kota pada Kamis, 3 Oktober 2024.

"Mereka pertama kali berkunjung ke kita, menawarkan beberapa kerja sama, yang dapat dikomunikasikan dengan baik bersama pemerintah kota Balikpapan," jelasnya usai menerima kunjungan.

Ahmad menyebutkan beberapa kerja sama yang ditawarkan seperti pendidikan, infrastruktur, kesehatan, pariwisata, budaya maupun penawaran beasiswa S1 hingga S3. 

"Mereka menawarkan itu, barangkali Pemerintah Kota bersedia untuk memanfaatkan kerja sama ini," katanya.

Terkait kerja sama ini, Pemerintah Kota Balikpapan akan mempertimbangkan terutama berkaitan dengan pendidikan. 

"Kita melihat dulu pendidikan apa yang lebih menonjol dan spesialis di India yang belum kita miliki. Itu kita bisa manfaatkan," terangnya.

BACA JUGA:

Ahmad mengatakan mungkin ada beberapa kursus-kursus singkat yang bisa dilaksanakan atau juga bisa mengundang tenaga pendidik dari india ke Balikpapan sebagai narasumber. 

"Kita hanya menanggung transport lokal, selebihnya dari mereka," ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini memang belum bisa memastikan apa bisa atau tidak dilaksanakan kerja sama ditahun ini, karena tahap pertama mengidentifikasi terlebih dulu, dari beberapa daftar khusus dan lokus-lokus yang ditawarkan, untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

"Mereka memberikan data-data ke kita, jenis kegiatan-kegiatan apa yang bisa. Timeline-nya dari tahun 2024-2025. Tadi saya sudah minta ke pak sekda dan kepala bappeda, agar dijustifikasi  kerja sama apa untuk jangka pendek yang bisa kita manfaatkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Balikpapan, Murni mengatakan kunjungan konsul india yang berkantor di Bali menawarkan kerja sama kepada Pemerintah Kota Balikpapan di beberapa sektor.

Kota Balikpapan menjadi kota pertama di Kalimantan Timur, menjadi kunjungan konsul jenderal india. Tawaran kerja sama ini sangat baik untuk ditindaklanjuti, hanya saja Pemkot akan mempelajari terlebih dahulu, meskipun pemkot hanya menyediakan tempat tinggal dan transportasi selama berada di Balikpapan.

Pasalnya, menyediakan akomodasi dan transportasi butuh anggaran, sehingga perlu ditelaah dengan baik. "Jadi kita perlu pelajari dulu tidak bisa cepat melakukan kerja sama," pungkasnya. ***