Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud memberikan cinderamata kepada Wali Kota Palu, Selasa (8/3/2022)
Kabar Ibu Kota

Pemkot Balikpapan Tawarkan Kerja Sama dengan Palu

  • IBUKOTAKINI.COM – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menerima kunjungan kerja Pemerintah Kota Palu, di Auditorium Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (8/3/2022)
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menerima kunjungan kerja Pemerintah Kota Palu, di Auditorium Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (8/3/2022). 

Kunjungan kerja Palu, disambut baik pemerintah kota Balikpapan. Bahkan Wali Kota Rahmad Mas’ud tawarkan kerja sama untuk menggerakkan ekonomi di daerah khususnya kedua daerah. 

Dalam penyambutan Wali Kota memaparkan sejumlah program kerja dan keberhasilan pengelolaan lingkungan di Kota Balikpapan. Dalam pengelolaan sampah telah dilaksanakan pemilahan sampah 3 R (Reduce, Re-use dan Recycle). Adapun jumlah sampah setiap harinya sebanyak 300-400 ton. 

“Kami punya bank sampah sebanyak 88 unit di seluruh Balikpapan. Dan menerapkan Peraturan Daerah Nomor 13 tahun 2015 yang mengatur tentang jam buang sampah mulai pukul 18.00 sampai 06.00 wita,” papar Rahmad Mas’ud. 

Selain itu, juga menerapkan perda larangan penggunaan plastik sekali pakai dan plastik kemasan. Di TPA Manggar juga menerapkan konsep waste to energy atau mengubah sampah menjadi energi yang dimanfaatkan warga sekitar. 

“Kami juga komitmen 52 persen untuk hutan lindung dan 0 persen aktivitas tambang. Komitmen ini dituangkan dalam Perwali dan akan ditingkatkan menjadi Perda,” tekannya. 

Dalam paparannya, Wali Kota juga menyebutkan sejumlah keberhasilan lingkungan hidup. Di antaranya 23 kali meraih Adipura dan 4 di antaranya merupakan Adipura Kencana. Balikpapan juga meraih ESC Award atau Kota Ramah Lingkungan Se Asia Tenggara pada 2014 dan 2021. 

“Kami akan terus belajar, banyak yang harus dilakukan untuk kota Balikpapan. Ada atau tidaknya IKN, jadi atau tidaknya IKN. Balikpapan selalu siap berbenah untuk menjadi yang terbaik itu komitmen kami,” ucap Orang Nomor Satu di Kota Balikpapan ini. 

Wali Kota berharap dengan kunjungan kerja ini ke depan dapat terjalin kerja sama dalam menggerakkan ekonomi daerah. 

“Kita juga menjalin kerja sama Sulawesi Barat. Dan harapannya ke depan ada kerja sama untuk menghidupkan perekonomian kita. Saya tahu prospeknya kota Palu. Mudah-mudahan pertemuan mendapatkan manfaat bagi kita semua,” tukasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan.  

“Kunjungan ini ingin mendapatkan sharing pengalaman karena diketahui Balikpapan Kota Yang Bersih di Asia Tenggara. Tentunya ini menjadi profile yang sangat cukup untuk dijadikan contoh. Seperti apa kota Balikpapan dalam pengelolaan sampahnya. Sehingga menjadi kota yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Ia pun menambahkan Balikpapan juga sebagai kota jasa. Apabila ada tindak lanjut bisa kerja sama dalam bidang yang mendorong perekonomian