Pemkot Balikpapan Terima Kunjungan Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Provinsi Kaltara
Kabar Ibu Kota

Pemkot Balikpapan Terima Kunjungan Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Provinsi Kaltara

  • IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan menerima kunjungan Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IV Provinsi Kalim
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan menerima kunjungan Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IV Provinsi Kalimantan Utara, di Auditorium Balai Kota Balikpapan, Kamis, 11 Mei 2023. 

Kunjungan studi lapangan diterima oleh Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Balikpapan, Andi Muhammad Yusri Ramli Kunjungan dipimpin Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltara, Muhammad Ishak. 

Dalam kunjungan Asisten II menyampaikan berbagai gambaran umum mengenai Kota Balikpapan. Di mana Balikpapan sebagai pintu gerbang Kaltim dan teras utama Ibu Kota Nusantara (IKN). 

“APBD Kota Balikpapan tahun 2023 sebesar Rp3,4 triliun dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp666,3 miliar,” katanya ketika menerima kunjungan. 

Balikpapan juga telah berhasil 24 kali penghargaan Adipura dan 5 kali merupakan Adipura Kencana dan 1 kali Adipura Paripurna.

“Balikpapan meraih ESC Awards (Kota Paling Ramah Lingkungan Se-Asia Tenggara) pada 2011, 2014, dan 2021,” lanjut Andi Muhammad Yusri. 

BACA JUGA:

Di akhir sambutan, pihaknya menyampaikan selamat datang dan mengunjungi lokasi yang menjadi sasaran dalam pelatihan. 

“Semoga pelatihannya berjalan lancar dan sesuai harapan,” ujarnya. 

Di kesempatan yang sama, Kepala BPSDM Provinsi Kaltara, Muhammad Ishak mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda aksi perubahan dalam pelaksanaan pelatihan kepemimpinan administrator dengan mengamati secara langsung best practice (Praktek Unggulan) pelayanan publik yang dapat diadopsi dan dimodifikasi dalam penyusunan proyek perubahan. 

“Peserta terdiri dari PKA, pembimbing, pendamping, dan pejabat. Dengan total personel pelatihan sebanyak 54 orang,” sebutnya. 

Adapun jadwal kegiatan pada hari pertama mengumpulkan data dan daftar pertanyaan, hari kedua penerimaan peserta kunjungan dan presentasi hasil studi lapangan, dan penyelesaian laporan. 

Usai menyambut kunjungan, personel pelatihan langsung mengunjungi ke dinas atau Organisasi Perangkat Daerah salah satunya Bappeda-Litbang dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Balikpapan. ###