Pemerintah Kota Balikpapan meluncurkan 10 inovasi aksi perubahan
Kabar Ibu Kota

Pemkot Luncurkan 10 Inovasi Aksi Perubahan

  • IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan meluncurkan 10 inovasi aksi perubahan. Inovasi tersebut diluncurkan oleh 10 peserta kepemimpinan administrat
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan meluncurkan 10 inovasi aksi perubahan. Inovasi tersebut diluncurkan oleh 10 peserta kepemimpinan administrator (PKA) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. 

Dalam peluncuran dihadiri Penjabat Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri Regional Makassar, sebagai penyelenggara pelatihan kepemimpinan administrator (PKA), Fahsul Falah di Auditorium Balaikota Balikpapan, Senin, (7/11/2022). 

Pj. Sekda Kota Balikpapan mengapresiasi inovasi aksi perubahan yang diluncurkan. Aksi perubahan ini dapat menjadi semangat bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. 

“Apalagi pelaksanaannya dilaksanakan di Kota Balikpapan. Semoga memotivasi pegawai di Pemkot dalam melaksanakan pekerjaannya untuk memiliki inovasi-inovasi lagi,” tuturnya dalam sambutan yang mewakili Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud SE, ME,.

Ia pun menyampaikan selamat kepada pegawai yang telah meluncurkan inovasinya. “Harapannya inovasi aksi perubahan ini bisa memberikan peningkatan pelayanan publik pemerintah kota,” tambahnya. 

Dalam kesempatan itu, Kepala PPSDM Kemendagri Regional Makassar, Fahsul Falah juga mengapresiasi kepada seluruh jajaran Pemkot Balikpapan melalui kerjasamanya dalam pengembangan potensi aparatur. 

Di mana, pelatihan kepemimpinan ini sebagai proses adaptasi yang dilakukan oleh para pejabat administrator seiring dengan kemajuan zaman.

BACA JUGA:

“Cara yang paling ampuh adalah menumbuhkan budaya inovasi di kalangan aparatur sipil negara (ASN) seperti inovasi yang dilakukan oleh peserta PKA angkatan ke VII ini dihadapan kita,” terangnya.

Dia mengharapkan melalui inovasi ini perubahan yang dilakukan juga dapat berkelanjutan, bukan hanya sekedar tatanan konsep, tetapi juga pada tatanan pelaksanaannya.

“Saya ucapkan selamat, sehingga aksi-aksi perubahan ini dapat berjalan dengan baik dan implementasinya juga berjalan lancar,” jelasnya.

Adapun 10 Inovasi Aksi Perubahan yang diluncurkan itu adalah:

1. Membangun budaya kerja tertib administrator dalam birokrasi kecamatan Balikpapan Kota (Membuka Tabir Balkot) oleh H. Mustamin

2. Sinergi Tata Kelola Perpustakaan Menuju Standar Nasional (SiPustaka Andal) oleh Kartini

3. Sistem Pengendalian dan Monitoring Belanja (Si Pembelanja) oleh Abdul Samad

4. Pengelolaan Sampah Anorganik Berbasis Online (Pa’Sambo) oleh Wahyu Mulia Donny

5. Sistem Informasi Pengesahan Belanja Operasional Sekolah (Simpel Bos) oleh Nany Erawaty

6. Sistem Layanan Terpadu Organisasi Kemasyarakatan (Satu Ormas) oleh Andi Afrianto

7. Sistem Informasi Pemetaan Aset Tanah (SiPanah) oleh Yusfine Fazriah Handayani

8. Pelayanan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dengan Elaborasi Masyarakat dengan Petugas yang Aktif, Terpadu dan Informatif (Pesilat Empati) oleh Gina Andriyani Martono

9. Strategi Pengendalian dan Pengawasan Pendapatan Kota Balikpapan (Teladan) oleh Herlis Ahsan Azzuhry

10. Bergerak Tergerak untuk Aktifkan Siswa dan Platform Bekawan (Bertunas Bekawan) oleh Emmy Mulyani (*)