Wali Kota Samarinda Andi Harun melayani warga yang antre membeli minyak goreng dalam operasi pasar.
Kabar Ibu Kota

Pemkot Samarinda Gelar Operasi Pasar Migor

  • IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun kembali terjun langsung ke masyarakat memantau pelaksanaan gelar Operasi Pasar (OP) minyak goreng curah berharga murah. Kali
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Samarinda menggelar Operasi Pasar (OP) minyak goreng curah dengan harga lebih murah dari harga pasar. Wali Kota Andi Harun ikut melayani warga, bersama anggota Komisi I DPRD Samarinda, Andi Muhammad Afif Rayhan Harun. 

Operasi Pasar minyak goreng curah dengan harga Rp 14 ribu per liter ini digelar di Gang KNPI kelurahan Sungai Pinang Dalam kecamatan Sungai Pinang, jalan Kemakmuran, Jumat (13/5/2022).

“Di sejumlah titik masyarakat di berbagai daerah di Indonesia dirasa masih ada daerah-daerah yang kesulitan minyak goreng. Di kota Samarinda, memang sudah tidak langka, tapi masih banyak warga yang membutuhkan minyak goreng dengan harga murah dan dimana hari ini untuk warga Gang KNPI dan sekitarnya sebanyak 4.000 liter kita edarkan, masing-masing warga kita beri 3 liter dengan harga Rp 14 ribu per liter,” ucap Andi Harun dalam pernyataan resmi.

Andi Harun mengatakan akan terus menyalurkan minyak goreng curah. Dan akan masih berlanjut dengan alokasi yang akan datang sebesar 500 ton. Dimana sebelumnya Operasi Pasar minyak goreng curah juga gencar dilakukan saat bulan Ramadhan lalu.

“Ini bentuk intervensi pemerintah dalam rangka masyarakat mendapatkan minyak goreng lebih murah daripada harga minyak kemasan di luaran. Kami bekerjasama dengan PT Rajawali dan Perusda Varia Niaga milik pemerintah kota Samarinda, selain melaksanakan fungsi bisnis, juga melaksanakan fungsi sosial dan pelayanan masyarakat,” kata Andi Harun. Ia berharap masyarakat senang dengan program operasi pasar yang dilaksanakan Dinas Perdagangan ini.

  • https://ibukotakini.com/read/wali-kota-balikpapan-tinjau-langsung-penyaluran-blt-minyak-goreng

“Kita akan terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas yang ada di masyarakat. Setiap ada gejolak kenaikan harga maupun kelangkaan barang, arahan saya jelas agar pemerintah bisa melakukan intervensi membantu masyarakat,” tegas Andi Harun.

Anggota DPRD Samarinda Afif Rayhan mengapresiasi responsif dan kepekaan pemerintah dalam menghadapi gejolak di masyarakat, terlebih urusan minyak goreng yang menjadi salah satu kebutuhan penting warga.

“Tidak semua warga mampu membeli minyak goreng premium yang harganya dua kali lipat bahkan lebih dari minyak goreng curah ini. Apalagi saat ini kita masih terus berupaya bangkit dari keterpurukan ekonomi imbas dari badai Covid-19,” tegas Afif dari Daerah Pemilihan Samarinda Utara dan Sungai Pinang.

  • https://ibukotakini.com/read/gunakan-minyak-goreng-curah-masyarakat-diminta-pakai-kemasan-higienis

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Samarinda Marnabas Patiroy membenarkan operasi pasar akan terus dilaksanakan sesuai arahan dari wali kota.

“Pak Wali melihat ada sebagian dari warga yang tidak bisa menjangkau minyak goreng bermerk atau premium. Maka kita diperintahkan untuk bekerjasama dengan PT Rajawali dan Perusda Varia Niaga untuk mendistribusikan minyak goreng curah sampai ke titik distribusi terdepan. Artinya, beliau tidak ingin diserahkan ke pihak kedua dan ketiga sehingga bisa terjadi lagi lonjakan harga,” katanya.

Sehingga lanjutnya, wali kota maunya warga menerima harga per liternya Rp 14 ribu, sementara pantauan di daerah lain ada yang harganya mencapai Rp 15.500 per liter.

  • https://ibukotakini.com/read/penuhi-kebutuhan-minyak-goreng-idealnya-kaltim-punya-25-pabrik

“Pak wali tidak mau, harus Rp 14 ribu per liter. Sementara biaya operasional oleh tim Dinas Perdagangan yang melakukan pendistribusian tiap kegiatan operasi pasar, dibantu pribadi oleh beliau. Sehingga tidak menimbulkan biaya tinggi dan harga jual tetap Rp 14 ribu,” ungkap Marnabas seraya menjelaskan untuk biaya operasional anggarannya belum dianggarkan sehingga dibantu pribadi wali kota.

Marnabas juga mengungkapkan awalnya warga Gang KNPI dijatah hanya 2 liter per orang, namun oleh wali kota secara spontan tadi menambahkan 1 liter sehingga semuanya menjadi 3 liter.

Sebelumnya dalam silaturahmi juga dilakukan pemberian bingkisan cinderamata oleh Afif Rayhan kepada 15 ketua RT setempat dan juga pembagian hadiah doorprize bagi warga yang hadir dalam silaturahmi. Wali kota dan rombongan memilih bertahan sejenak untuk lanjut melaksanakan shalat Jumat di masjid Ni’matullah bersama warga.