Wali Kota Balikpapan dalam memberikan keterangan update covid-19
Kabar Ibu Kota

Pemkot Upayakan OTG Isolasi di Embarkasi Haji

  • OTG Isolasi di Embarkasi Haji 

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Sejak sepekan Kota Balikpapan sudah keluar dari zona merah. Kini Balikpapan berada pada zona Orange. Upaya menuju zona kuning dan hijau terus dilakukan dengan menekan angka kasus terkonfirmasi positif covid-19. 

Hal itu disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam keterangan persnya kepada media, di halaman Kantor Wali Kota pada Selasa sore (6/10/2020).

Menurut Rizal, fokusnya memutus rantai virus Corona juga pada penyembuhan orang tanpa gejala (OTG). "Riwayat OTG akan menjalani isolasi di Embarkasi Haji," katanya. 

Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Camat dan Lurah telah melakukan rapat. Rapat tersebut untuk mengupayakan agar pasien OTG yang isolasi di rumah dipindahkan ke Embarkasi haji.

“Kalau di Balikpapan kita baru minggu lalu rapat dengan Bappeda, Camat dan Lurah untuk mulai mengupayakan pengalihan pasien-pasien isolasi mandiri ke Emabarkasi Haji,” sambung Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty. 

Sejauh ini menurutnya, masih ada pasien positif yang melakukan isolasi di rumah. Namun, dalam beberapa hari terakhir semua pasien baru terkonfirmasi positif langsung diarahkan menjalani isolasi di Embarkasi Haji.

“Jadi kalau ditanya apakah masih ada saat ini yang melakukan isolasi mandiri dirumah, masih. Namun sekarang beberapa hari ini jika ada yang terkonfirmasi positif tanpa gejala kami sudah mulai memfokuskan ke Embarkasi Haji ,” ujarnya. 

Sehingga lanjutnya, jumlah pasien positif dengan riwayat OTG yang menjalani perawatan di Embarkasi Haji jumlahnya terus meningkat. “Sehingga penambahan pasien di Embarkasi haji sudah naik ada 37 orang biasanya cuma belasan,” tambah Deo.