Kabar Ibu Kota

Pemprov Kaltara Upayakan Penanganan Perbaikan Ruas Jalan

  • TANJUNG SELOR, IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) tengah berupaya menangani kerusakan jalan di sejumlah titik di wilayah
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

TANJUNG SELOR, IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) tengah berupaya menangani kerusakan jalan di sejumlah ruas di wilayah tersebut.

Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP mengatakan bahwa titik-titik jalan rusak tersebut sudah dalam pemetaan. 

“Yang jelas semua sudah dalam pemetaan. Persoalannya tidak semua bisa dikerjakan dalam kerangka kerja yang sama,” ujarnya, Jumat (04/08/2023).

Yansen mengungkapkan bahwa sebenarnya proses penganggaran telah dilakukan. Hanya saja, belum tentu pencapaian pelaksanaan kegiatan dari anggaran yang ada bisa maksimal. Pasalnya, kondisi di lapangan berbeda-beda.

“Jadi, harus ada tahapan pekerjaan yang akan dilakukan. Jika misalnya ada satu daerah minta untuk ditangani pembangunan jalannya hingga aspal, ini akan menemui kendala jika akses ke daerah itu belum terbangun maksimal,” jelasnya.

Dia menambahkan, demikian juga seperti Jalan Lingkar Krayan di perbatasan Nunukan. Untuk masuk sampai ke titik ini, akses yang digunakan adalah jalan nasional atau yang dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Jadi kondisi ini yang juga harus dimengerti oleh masyarakat, bahwa ada hal-hal yang harus diselesaikan bersama,” tuturnya.

Dia menegaskan bahwa semua upaya ini masih terus berjalan, hanya saja prosesnya tentu tidak bisa instan, melainkan harus dilakukan secara bertahap. 

Jikapun permintaannya jalan itu dikerjakan sampai aspal, tentu harus ada pematangan terlebih dahulu.

“Oleh karena itu, kita mohon ada dukungan dari masyarakat. Pastinya pemerintah memperhatikan semua ini,” tuturnya.

Contoh konkretnya, begitu menerima keluhan dari masyarakat, dari Pemprov Kaltara melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Kaltara langsung menurunkan tim ke lapangan.

“Begitu mereka menyampaikan keluhannya, kita langsung minta PU segera memperhatikan. Sekarang ini mereka sudah ada di lokasi untuk melihat secara langsung seperti apa kondisi riil di sana,” sebut Yansen.

Dengan begitu, dirinya berharap kepada masyarakat agar dapat mengikuti dengan baik proses pembangunan yang dilakukan. Pastinya pemerintah terus berusaha untuk berjuang, tapi dalam hal ini semua itu ada prosesnya.