Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik dalam kunjungan ke Kota Balikpapan
Bisnis

Pemprov Kaltim Dukung Balikpapan Gelar ALKI II Zone Investment Forum & Nusakraf 2023

  • IBUKOTAKINI.COM – Disela kunjungan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik ke Kota Balikpapan pada Rabu, 11 Oktober 2023. Wali Kot
Bisnis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Disela kunjungan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik ke Kota Balikpapan pada Rabu, 11 Oktober 2023. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mempresentasikan sejumlah rencana agenda yang akan diselenggarakan di Kota Balikpapan salah satunya ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) II Zone Investment Forum & Nusakraf 2023. 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kota Balikpapan ini akan diselenggarakan pada 25 Oktober 2023. Di mana akan melibatkan 11 Provinsi dan 188 kabupaten/kota yang berada di ALKI II. 

Wali Kota Rahmad Mas’ud mengungkapkan Ibu Kota Negara Indonesia yang bertempat di kawasan Penajam Paser Utara dan sekitarnya, menjadikan IKN masuk ke dalam kawasan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. 

Sebagai kota yang ada dalam satu kawasan ALKI II, Balikpapan ditetapkan sebagai Kota Penyangga IKN Nusantara. Hal ini berdampak pada banyaknya peluang bisnis yang dapat berkembang di kota Balikpapan guna menyongsong pembangunan IKN Nusantara.

Balikpapan sebagai salah satu kota yang masuk dalam zona ALKI II memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan berbagai macam aspek, mulai dari ekonomi kreatif, budaya, serta aspek lain nya.  

“Demi mendukung bergeraknya roda perekonomian dalam berbagai sektor di IKN Nusantara, Kota Balikpapan akan menyelenggarakan perhelatan akbar berupa ALKI II Zone Investment Forum & Nusakraf 2023,” ungkapnya didampingi Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin dan dihadiri Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud serta sejumlah dinas terkait. 

BACA JUGA:

Ia menyebut kegiatan ini juga forum pertemuan, pengembangan dan penguatan ekonomi kawasan ALKI II dan mendukung IKN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan ALKI II dan memperkenalkan budaya nusantara serta pariwisata dan ekonomi kreatif kepada dunia.

“Saya ingin melalui forum ALKI II ini dapat melanjutkan apa yang menjadi cita-cita bapak Jokowi menjadikan negara Indonesia menjadi poros maritim dunia,” ucapnya usai menerima kunjungan Pj Gubernur Kaltim di Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan. 

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengatakan bahwa forum ALKI II sangat penting. Karena Kalimantan Timur sudah menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga menjadi tempat yang sangat strategis. Sementara, lanjut dia, Kaltim punya lalu lintas perairan Selat Makassar yang dilalui oleh pelayaran internasional.

“Cuma kita belum memanfaatkan ini. Sekarang bagaimana kita meramaikan lalu lintas ini bekerja sama dengan 11 provinsi yang ada di sekitar Selat Makassar, Laut Sulawesi dan Selat Lombok yang dilalui ALKI II. Itu kenapa gagasan cerdas dari Wali Kota Balikpapan ini harus kita dukung,” sebut Akmal.

Untuk itu, dirinya selaku Penjabat Gubernur Kaltim langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyukseskan ALKI II Zone Investment Forum 2023 yang akan digelar di Balikpapan mulai 25-26 Oktober mendatang.

“Ini harus sukses. Insyaallah. Forum ini pastinya akan selaras dengan IKN di Kaltim. Artinya lalu lintas di ALKI II ini akan semakin kuat kedepannya. Dan dengan Forum ALKI II ini akan semakin memperkuat eksistensi IKN di mata internasional,” pungkas Akmal.

Sebagai informasi, 11 provinsi yang dilalui jalur ALKI II diantaranya, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimangan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat. (*)