Jamaah Haji Kalimantan Timur akan diberangkatkan dari Asrama Haji Batakan Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Pemprov Kaltim Minta Warga Terpapar Covid Isoman di Isoter

  • IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menyiapkan ruang isolasi mandiri terpusat (Isoter) bagi warga isolasi mandiri (Isoman). Adapun temp
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menyiapkan ruang isolasi mandiri terpusat (Isoter) bagi warga isolasi mandiri (Isoman). Adapun tempat yang telah disediakan adalah Wisma Atlet Samarinda, dan Asrama Haji Balikpapan. 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim Dr H Muhammad Jauhar Efendi mengatakan tim telah melakukan peninjauan ke isoter untuk memastikan sarana dan prasarana tersedia bagi isoman. 

"Tim akan melakukan peninjauan langsung untuk rencana penambahan kapasitas Isoter di Asrama Haji Batakan Balikpapan," kata Jauhar Efendi, usai mewakili Sekda Prov Kaltim, mengikuti Rakor Dukungan Sarana dan Prasarana Isolasi Terpadu (Isoter) Covid-19 di Kaltim, Jumat (13/8/2021).

Selanjutnya, dalam Rakor secara virtual dipimpin Kepala Balai PPW Kaltim, Sandhi Eko Bramono, menyepakati, Ahad besok, (15/8/2021), Tim gabungan Kementerian PUPR dan Tim Pemprov Kaltim bersama Tim Pemkot Samarinda kembali melakukan peninjauan ke Wisma Atlet Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, rencana tempat isoter Covid-19.

Usai peninjauan bersama, ungkap Jauhar, Pemprov diminta segera membuat surat usulan ke Menteri PUPR terkait kebutuhan sarana dan prasarana (Sapras).

"Juga mengirimkan surat ke Menteri Kesehatan terkait bantuan alat-alat kesehatan," jelas Jauhar seraya menyebutkan Rakor mengundang 19 pejabat tingkat pusat, provinsi, Pemkot Balikpapan dan Samarinda.

"Namun, selama Rakor pejabat dari Kemenkes tidak hadir," pungkas Jauhar, juga menambahkan Rakor dihadiri jajaran Pemprov antara lain Kepala Dinas Kesehatan dr Hj Padilah Mante Runa, Kadispora Agustianur dan perwakilan BPBD.

Sebagai informasi, Asrama Haji Batakan Balikpapan akan difungsikan Isoter, Gedung 7 (Asrama Jeddah) dan Gedung 8 (Asrama Araffah) masing-masing memiliki 2 lantai (8 kamar), bed 10/kamar, kapasitas 80 orang. Gedung Zam Zam (3 lantai) untuk rumah sakit darurat (ICU) total kapasitas 150 orang, terdapat WC 81 buah.