Jembatan Pulau Balang
Kabar Ibu Kota

Pemprov Kaltim Monitoring Pembangunan Jembatan Pulau Balang

  • Pemprov Kaltim Monitoring Pembangunan Jembatan Pulau Balang

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memantau langsung progress pembangunan Jembatan Pulau Balang. Monitoring dipimpin Karo Infastruktur dan SDA Setprov Kaltim Hj Lisa Hasliana didampingi Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati dan Kadishub Kaltim AFF Sembiring ke Pembangunan Jembatan Pulau Balang melalui Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Dari hasil monitoring diputuskan agar Pemerintah Pusat bisa menyelesaikan dan menuntaskan pembangunan kontruksi fisik yang belum selesai.

"Pemprov Kaltim dengan sangat senang hati Pemerintah Pusat bisa melanjutkan pembangunan. Apalagi, ini masuk Proyek Strategis Nasional (PSN), sangat wajar jika diselesaikan pusat," kata Lisa Hasliana usai monitoring dan evaluasi Pemprov Jembatan Pulau Balang, pada Jumat (6/11/2020).

Menurut Lisa, hasil monitoring dan evaluasi ini akan dilaporkan ke Gubernur dan Wagub Kaltim serta Sekprov Kaltim. Sesuai arahan Gubernur dan Wagub sebelum dilakukan monitoring bahwa Pemprov berharap penyelesaian pembangunan itu dituntaskan Pemerintah Pusat.

Selanjutnya, ketika di lapangan, masih terlihat ada sekitar 6 Km jalan pendekat dari jalur PPU belum selesai tahun ini, khususnya untuk satu jalur. Sedangkan sisanya yang mengarah hingga pusat Kabupaten PPU bisa dibantu pusat.

"Karena ini menjadi bagian dari jalan nasional, maka kami mengusulkan agar pusat saja yang menyelesaikan. Sedangkan, proses pembebasan lahannya yang belum tuntas Pemprov siap membantu penyelesaian izin maupun kebutuhan lainnya dengan beban biaya pusat yang menanggung," jelasnya.

Pembangunan Jembatan Pulau Balang menjadi jaringan jalan nasional antara Kaltim dan Kalsel. Mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan menjadi akses utama menuju ibu kota negara. Jembatan tersebut panjang 804 meter, lebar 17,5 meter dengan 4 lajur dan tinggi pylon 113,1 meter.