Ilustrasi: Pemilu Serentak 2024
Politik

Pemprov Kaltim Siapkan Dukungan Anggaran Pemilu 2024

  • IBUKOTAKINI.COM – Usulan anggaran penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2024 untuk 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota mencapai Rp26,2 triliun.
Politik
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kalimantan Timur mulai menyiapkan dukungan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Kesiapan anggaran oleh pemerintah daerah menyusul dimulainya tahapan Pemilu. 

Sekda Kaltim Sri Wahyuni ketika mengikuti sosialisasi dukungan pemerintah dan pemerintah daerah dalam menyukseskan penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024 mengatakan, Pemprov Kaltim siap dan patuh kepada Pemerintah Pusat, untuk itu pemerintah daerah siap menyukseskan pesta demokrasi ini.

“Prinsipnya, Pemprov Kaltim selalu siap menyukseskan Pemilu 2024,” ucap Sri Wahyuni dalam pernyataan resmi, Selasa 3 Januari 2023. 

Menurut dia, untuk 2023 ini Pemprov Kaltim lebih banyak konsolidasi dan sosialisasi Pemilu 2024 yang dilaksanakan serentak. Hanya saja, alokasi anggaran untuk pelaksanaan, KPU RI bersama pemerintah pusat yang lebih berperan dalam mendukungnya.

BACA JUGA:

Karena, lanjutnya, Pemilu ini untuk memilih wakil rakyat, presiden dan wapres. Khusus untuk alokasi anggaran lebih banyak dibebankan kepada pemerintah pusat. Sementara, pemerintah daerah lebih khusus pada konsolidasi saja.

“Yang jelas, Pemprov Kaltim selalu siap. Setelah sosialisasi yang dilakukan KPU RI bersama Kemendagri ini, Pemprov bersama OPD terkait akan terus melakukan konsolidasi dan sosialisasi guna menyukseskan Pemilu serentak ini,” ujar Sri Wahyuni dikutip dari Biro Adpimprov.

Sementara, dukungan bantuan dan fasilitasi hingga sosialisasi Pemilu kepala daerah pada November tahun itu, maka Pemprov Kaltim juga siap mendukung, terutama melalui alokasi anggaran APBD.

BACA JUGA:

“OPD terkait, dalam hal ini Kesbangpol Kaltim dan Biro PPOD hingga pihak terkait lainnya untuk mempersiapkan jelang pemilihan kepala daerah,” jelasnya.

Selain itu, diketahui Keputusan KPU Nomor 21 Tahun 2022 Pemilihan Umum (Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, dan DPRD) digelar 14 Februari 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah, baik gubernur, wali kota dan bupati dilaksanakan 27 Nopember 2024. 

Sementara usulan anggaran penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2024 untuk 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota mencapai Rp26,2 triliun. ###