Pencegahan Dini Kanker Serviks, YKI dan DKK Balikpapan Penyuluhan ke Siswi SD
Kabar Ibu Kota

Pencegahan Dini Kanker Serviks, YKI dan DKK Balikpapan Penyuluhan ke Siswi SD

  • BALIKPAPAN – Ratusan siswi Sekolah Dasar kelas V dan orang tua serta guru mengikuti penyuluhan pencegahan dini kanker leher rahim (servik
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM Ratusan siswi Sekolah Dasar kelas V dan orang tua serta guru mengikuti penyuluhan pencegahan dini kanker leher rahim (serviks) di Aula Gedung Parkir Klandasan, pada Kamis, 7 Desember 2023.

Penyuluhan diselenggarakan oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan bersama Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dalam Program Vaksinasi HPV pada siswi kelas V SD.

Penyuluhan menghadirkan dr. Varianidia Veterini, SpOG yang membahas kanker serviks dan pencegahannya melalui vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV), dan perwakilan Dinas Kesehatan Kota, Priharto terkait kebijakan introduksi imunisasi HPV tahun 2023.

Wakil Ketua I YKI Cabang Balikpapan, Dyah Muryani mengatakan bahwa kegiatan ini bagian dari program YKI Cabang Balikpapan yang terus mensosialisasikan pencegahan dini kanker dan pemeriksaan secara dini.

BACA JUGA:

“Di mana setiap tahun rutin kami selenggarakan yang sasarannya pun berbeda. Kali ini adalah pencegahan dini kanker leher rahim,” katanya ketika membuka penyuluhan.

Ia pun berpesan pada generasi untuk menjaga hidup sehat dan kebersihan. “Dan jauhi seks bebas serta asap rokok,” pesannya.

Siswi SD Kelas V diberikan penyuluhan vaksin HPV

Dalam kesempatan itu, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Ketut, menyampaikan apresiasi terselenggaranya penyuluhan ini.

“Diselenggarakan penyuluhan ini menambah wawasan siswi maupun orangtua yang hadir dan guru,” ucapnya.

Ia pun mengajak para peserta yang hadir untuk menyebarluaskan informasi diperoleh pada penyuluhan.

“Agar anak anak menjadi wanita yang sehat dan melahirkan generasi yang sehat,” ujarnya.

Kegiatan penyuluhan berlangsung interaktif karena siswa yang hadir aktif bertanya dan mampu menjawab pertanyaan kedua narasumber. (*)