Bilik TPS yang digunakan pencoblosan Pemilu 2024
Politik

Pendistribusian Logistik Pemilu di Balikpapan Aman, Hanya Segel Lubang Robek Akibat Gesekan

  • BALIKPAPAN - Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 akan digelar esok hari, Rabu (14/2/2024). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan telah me
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 akan digelar esok hari, Rabu (14/2/2024). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan telah melakukan pendistribusian logistik pemilu di seluruh Kecamatan di Kota Balikpapan.

"Alhamdulillah untuk Balikpapan pendistribusian relatif aman jika dibanding dengan daerah Se Kaltim, ada speed terbalik. Untuk Balikpapan tidak ada," jelas Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha kepada media di sela-sela peninjauan TPS di Kecamatan Balikpapan Timur, pada baru Selasa 13 Februari 2024.

Thoha mengatakan kemarin memang ada insiden sedikit mengenai segel yang menutup lubang kotak suara itu tergesek dengan kotak suara lain, sehingga menjadi robek. 

"Kita nanti antisipasi ketika akan dilakukan pendistribusian ke TPS, segel akan kita perbaiki semua, sehingga nanti kotak suara masuk ke TPS dalam kondisi memang betul-betul sempurna seperti itu," terangnya.

Pendistribusian kotak suara mulai disalurkan KPU Balikpapan dimulai pada hari Sabtu 10 Februari 2024, di Kelurahan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Kota. Kemudian, hari kedua pada hari Minggu 11 Februari 2024 pendistribusian kotak suara ke Kecamatan Balikpapan Barat dan Balikpapan Tengah.

BACA JUGA:

Selanjutnya, pendistribusian kotak suara ke Kecamatan Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur pada hari Senin 12 Februari 2023. Pendistribusian kotak suara dari Gudang KPU Balikpapan yang terletak di Jalan Somber Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara langsung menuju Kelurahan masing-masing. 

Mengingat, semua wilayah kelurahan kota Balikpapan merupakan daratan dan mudah dijangkau, sehingga dapat mempersingkat waktu, tenaga hingga biaya.

Dalam pemilu 2024, KPU Balikpapan mempunyai TPS khusus sebanyak tujuh TPS khusus yakni di Pertamina ada tiga TPS, IKN ada tiga TPS dan Lapas Rutan satu TPS. 

"Jumlah DPT sebanyak 2 ribuan," imbuhnya.

Tercatat jumlah pemilih di Kota Balikpapan 509.824 orang sehingga dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dikalikan lima kertas suara plus dua persen. Sedangkan DPTB berjumlah 2-3 ribuan. "Jadi ada 2,5 juta," ungkapnya. (*)