Penerbangan dari Balikpapan, Bandara SAMS Sepinggan Layani 319 Calon Jamaah Haji
Kabar Ibu Kota

Penerbangan dari Balikpapan, Bandara SAMS Sepinggan Layani 319 Calon Jamaah Haji

  • Penerbangan kloter pertama saat ini menggunakan Pesawat Airbus 330 – 300 namun beberapa kloter kedepan akan menggunakan Pesawat Airbus 340 – 313.
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

BALIKPAPAN – Sebanyak 319 kloter pertama telah diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Sepinggan Balikpapan menggunakan pesawat Garuda Indonesia type Airbus 330 – 300 dengan rute Balikpapan – Kualanamu – Madinah pada Selasa 14 Mei 2024 malam. 

General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Ahmad Syaugi Syahab mengatakan pihak bandara telah mempersiapkan penerbangan haji mulai dari satu bulan lalu. 

“Di mana fasilitas dan personil dipastikan siap melayani para calon jamaah haji. Kami juga membentuk tim bersama stakeholder terkait untuk kelancaran proses keberangkatan,” kata Syaugi.

Penerbangan kloter pertama saat ini menggunakan Pesawat Airbus 330 – 300 namun beberapa kloter kedepan akan menggunakan Pesawat Airbus 340 – 313. Pihaknya telah melakukan perbaikan pada runway agar lebih kuat untuk menopang Pesawat berbadan besar pada 27 Mei mendatang. 

BACA JUGA:

Di kesempatan itu, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur, Mohlis menyampaikan pemberangkatan kloter pertama total ada 324 orang yang terdiri dari 319 Jemaah Calon Haji. Terdapat 9 Jemaah Calon Haji yang menggunakan kursi roda, sekitar 18% termasuk kategori lansia. 

“Pada Kloter pertama usia Jemaah Calon Haji tertua berusia 79 tahun sedangkan yang termuda berusia 27 tahun,” terangnya.

Sebagai informasi, penerbangan keberangkatan Jemaah Calon Haji dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2024 hingga 10 Juni 2024. ***