Penetapan DPT Tahapan Krusial dalam Pilkada 2024
Politik

Penetapan DPT Tahapan Krusial dalam Pilkada 2024

  • Penyusunan daftar pemilih yang akurat, inklusif, dan transparan merupakan fondasi utama untuk mewujudkan pemilu yang jujur dan adil
Politik
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Asisten Tata Pemerintahan, Sekretariat Daerah Kota Balikpapan,  Zulkipli menegaskan pentingnya penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebagai salah satu tahapan krusial dalam Pemilu 2024. 

Hal ini disampaikan Zulkipli dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penetapan DPT Pilkada Serantak 2024 yang digelar oleh KPU Balikpapan pada Kamis, 19 September 2024. 

Zulkipli menjelaskan bahwa penetapan DPT akan menentukan siapa saja warga negara yang memiliki hak untuk memberikan suaranya dalam Pilkada. 

"Penyusunan daftar pemilih yang akurat, inklusif, dan transparan merupakan fondasi utama untuk mewujudkan pemilu yang jujur dan adil," ungkap Zulkipli yang hadir mewakili Wali Kota Balipapan Rahmad Mas’ud.

Rapat pleno ini, menurutnya, memiliki arti penting karena menjadi kesempatan untuk memastikan setiap warga Kota Balikpapan yang berhak memilih telah terdaftar dengan baik dalam Pilkada 2024. 

“Menjaga kondusifitas, transparansi, dan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi adalah tanggung jawab besar bagi semua pihak yang terlibat,” tuturnya.

BACA JUGA:

Zulkipli juga memberikan apresiasi kepada KPU Balikpapan dan seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan tahapan ini. 

"Ini merupakan bukti nyata dari komitmen kita bersama untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas," ujarnya.

Di akhir sambutannya, Zulkifli berharap agar seluruh penyelenggara pemilu bekerja dengan profesional dan penuh integritas dalam menjalankan Pilkada 2024. 

“Pemilihan ini harus dilaksanakan secara demokratis, jujur, adil, dan berintegritas,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Balikpapan Prakoso Yudho Lelono mengungkapkan perjalanan pilkada sesuai harapan dan tahapan tahapan harus dituntaskan dan jadi tanggung jawab bersama. 

“Hari ini penetapan DPT, kemudian 22 September kita tetapkan pasangan calon yang berhak maju menjadi kontestan,” ujarnya. 

Setelah 22 September, maka di 23 September akan dilakukan pengundian nomor urut. Hal ini juga tidak kalah penting, yang mana bisa berjalan lancar aman dan tertib.

“Tgl 25 september hingga 23 November dilaksanakan Kampanye,” ujarnya. 

Hasil pembacaan akhir DPT Pilkada Balikpapan 2024 berjumlah 520.986. ***