Mulai Hari Ini, DP3 Balikpapan Monitoring Persebaran Hewan Kurban di Masyarakat
Kabar Ibu Kota

Penetapan Iduladha 1444 H Jatuh pada 29 Juni 2023, Kemenag Balikpapan Ajak Masyarakat Berkurban

  • IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah pusat telah menetapkan Iduladha 1444 Hijriah pada 29 Juni 2023. Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan mengimbau masyarakat untuk
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah pusat telah menetapkan Iduladha 1444 Hijriah pada 29 Juni 2023. Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan mengimbau masyarakat untuk turut menyemarakkan Iduladha.

Johan Marpaung, Kepala Kemenag Balikpapan membenarkan hal tersebut. Pihaknya telah menerima instruksi dari pemerintah pusat terkait hal ini.

“Sudah ditetapkan pemerintah pusat, Kamis 29 Juni 2023 mendatang,” katanya ketika ditemui, Selasa (20/6/2023).

“Mudah-mudahan semuanya lancar,” lanjutnya.

Ia mengajak partisipasi masyarakat untuk menyemarakkan hari besar umat Muslim ini dengan mengamalkan ibadah kurban bagi masyarakat yang mampu.

BACA JUGA:


“Masyarakat bisa ikut menyemarakkan idul kurban untuk ikut berkurban, karena momen ini sangat penting. Khususnya, untuk berbagi dengan sesama,” imbuhnya.

Selain itu, Johan menyebut, umat Muhammadiyah juga telah mengumumkan penetapan Iduladha 1444 H dilaksanakan pada 28 Juni 2023.

Dalam pelaksanaannya, masyarakat diminta untuk bertoleransi dan memaklumi perbedaan pemahaman yang sudah biasa terjadi ini.

“Muhammadiyah tanggal 28 Juni 2023, lebih dulu sehari, tidak apa-apa. Tetap tanggal 10 Dzulhijjah juga. Kita bisa bertoleransi dan saling memaklumi saja,” imbaunya.

Untuk lokasi penyelenggaraan salat Id, ia menyampaikan, tak berbeda dari penyelenggaraan salat Idulfitri 1444 H sebelumnya. “Sama saja dengan Idulfitri kemarin,” tutupnya. ###