Fraksi Amanat Keadilan Berkaya menyerahkan tanggapan atas nota penjelasan Bupati Kutim atas APBD 2024.
Kabar Ibu Kota

Pengelolaan Belanja Daerah Harus Produktif

  • KUTAI TIMUR - Pemerintah Daerah dinilai berhasil menggali potensi pendapatan asli daerah.
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

KUTAI TIMUR, IBUKOTAKINI.COM - Fraksi Amanat Keadilan Berkarya yang merupakan gabungan tiga partai politik DPRD Kabupaten Kutai Timur, mengapresiasi upaya pemerintah daerah meningkatkan pendapatan asli daerah. 

Pernyataan tersebut disampaikan jurubicara Fraksi Amanat Keadilan Berkarya, Jimmi menanggapi  nota penjelasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2024.

Menurut Jimmy, fraksinya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur atas peningkatan Pendapatan Daerah sebesar 6,86%, mencapai Rp 9,148 triliun.

"Kita mengakui dan menghargai upaya Pemerintah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan transfer, serta menyoroti potensi tumbuhnya iklim investasi di Kabupaten Kutai Timur," kata Jimmy dalam rapat paripurna ke-11 masa persidangan ke-1 tahun anggaran 2023/2024, Kamis 9 November 2023.

Selain itu, pihaknya menyoroti detail peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kutim. Fraksi Amanat Keadilan Berkarya menilai perlu memberikan perhatian khusus pada peningkatan Pendapatan Daerah Kutai Timur, yang meningkat signifikan dari estimasi sebelumnya menjadi Rp, 9.148 triliun.

BACA JUGA:

Menurutnya, peningkatan sebesar Rp 587.5 miliar atau 6,86% dianggap sebagai pencapaian positif. Selain itu, dirinya mengaku bahwa pemerintah telah berhasil menunjukkan keberhasilannya dalam menggali potensi pendapatan daehrah (PD).

"Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mencapai 207% dari nilai sebelumnya, menunjukkan keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menggali potensi pendapatan daerah yang belum tergali dengan baik," jelasnya.

Perwakilan fraksi tersebut  juga memberikan perhatian khusus pada penambahan pendapatan yang bersumber dari dana bagi hasil sawit,

"mengingat Kutai Timur merupakan salah satu kabupaten terluas penghasil kelapa sawit di Provinsi Kalimantan Timur. Kita  mendorong dan menekankan pemerintah bahwa pentingnya pengelolaan pendapatan dari sektor ini untuk kemajuan daerah," bebernya.

Selain itu, fraksi tersebut mengajukan usulan terkait pengelolaan belanja daerah yang lebih produktif, dengan fokus pada infrastruktur, sektor rul, peningkatan SDM melalui pendidikan dan kesehatan, serta pelayanan masyarakat.

BACA JUGA:

"Kita berharap agar kerjasama baik antara eksekutif dan legislatif dapat terus terjalin dengan baik untuk mewujudkan kemajuan Kutim," harapnya.

Jimmy menyebut pentingnya pembahasan dan kesepakatan bersama mengedepankan nilai-nilai yang berorientasi pada kemajuan daerah dan kemaslahatan masyarakat.

Disaksikan langsung ketua DPRD Kutim, Joni, didampingi Wakil Ketua I DPRD Kutim, Asti Mazar. Hadir juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Rizali Hadi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ( Pemkesra), Poniso Suryo Renggono. hadir dan disaksikan 21 anggota Dewa serta unsur Forum Koordinasi Perangkat Daerah ( FORKOPIMDA ), Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dikesempatan itu. Jimmy menyoroti kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dan DPRD dalam merumuskan kebijakan umum anggaran serta prioritas plafon anggaran sementara tahun 2024. (adv)