Pj Bupati PPU berharap Pengembangan Sektor Pariwisata di PPU Diharapkan Dorong Pertumbuhan PAD
Penajam

Pengembangan Sektor Pariwisata di PPU Diharapkan Dorong Pertumbuhan PAD

  • Salah satu langkah yang tengah dilakukan adalah pengemasan produk wisata dan potensi daerah yang menarik untuk mendatangkan wisatawan.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Pejabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Zainal Arifin, menegaskan bahwa sektor pariwisata di Kabupaten PPU memiliki potensi besar untuk menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika dikelola dengan baik. 

Hal ini diungkapkan ketika meninjau pengembangan dan panen raya rumput laut jenis gracilaria di Desa Maruat, Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser, baru-baru ini.

Menurut Zainal Arifin, potensi wisata di PPU sangat beragam, namun saat ini masih membutuhkan upaya lebih untuk dikembangkan dan dipromosikan. 

Salah satu langkah yang tengah dilakukan adalah pengemasan produk wisata dan potensi daerah yang menarik untuk mendatangkan wisatawan.

"Kalau di PPU kita banyak potensi, tapi sekarang itu belum bisa dijual. Kami sedang belajar membuat kemasan yang menarik agar orang tertarik datang ke PPU, ini sedang kami usahakan," terang Zainal Arifin.

Ia juga mencontohkan Desa Babulu Laut di Kecamatan Babulu, yang memiliki kekayaan hasil laut seperti seafood, sebagai salah satu destinasi yang berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

BACA JUGA:

“Kami sedang mengangkat potensi tersebut dengan mengaitkannya pada event-event olahraga dan pariwisata, sehingga dapat mendukung peningkatan pariwisata PPU,” tambahnya.

Selain itu, Zainal Arifin mengungkapkan rencana menghadirkan komunitas Jet Ski sebagai bagian dari konsep sport tourism yang dapat mendukung kawasan wisata di PPU. 

Dia menilai, komunitas tersebut dapat dikolaborasikan untuk memperkenalkan dan menjual keindahan pariwisata PPU ke masyarakat luas.

“Kita punya banyak komunitas, tinggal bagaimana mengkolaborasikan mereka dengan potensi pariwisata kita. Ini akan menjadi salah satu cara menjual keindahan wisata yang kita miliki,” tukas Zainal Arifin. (Adv/Diskominfo PPU)