Penghargaan Wali Kota Award Bidang Pengawasan Diberikan kepada OPD di Kota Balikpapan
Balikpapan

Penghargaan Wali Kota Award Bidang Pengawasan Diberikan OPD di Kota Balikpapan

  • Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong pengawasan yang lebih kuat dan teratur di semua OPD, dengan tema "Pengawasan Kuat, Balikpapan Maju."
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan menerima penghargaan Wali Kota Award Bidang Pengawasan. 

Penghargaan ini diserahkan dalam acara yang berlangsung di Auditorium Balai Kota Balikpapan pada Selasa, 30 Juli 2024. Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud memberikan penghargaan tersebut.

Penghargaan Wali Kota Award Bidang Pengawasan diberikan dalam beberapa kategori berdasarkan pagu anggaran. Untuk kategori pagu anggaran di atas 100 miliar, Dinas Kesehatan Kota meraih penghargaan terbaik 1, disusul oleh Dinas Lingkungan Hidup sebagai terbaik 2, dan Dinas Pekerjaan Umum sebagai terbaik 3.

Dalam kategori pagu anggaran 30 miliar hingga 100 miliar, penghargaan terbaik 1 diberikan kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, terbaik 2 kepada Dinas Komunikasi dan Informatika, serta terbaik 3 kepada Dinas Perumahan dan Permukiman. Sedangkan untuk kategori pagu di bawah 30 miliar, Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan meraih juara 1, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menjadi juara 2, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mendapatkan juara 3.

Selain itu, penghargaan juga diberikan untuk kategori tim pemeriksa auditor terbaik, menunjukkan dedikasi dan komitmen dalam pengawasan administrasi dan keuangan di lingkungan pemerintah kota.

BACA JUGA:

Muhaimin menyampaikan bahwa penghargaan ini berupa piagam yang ditandatangani oleh wali kota dan bertujuan untuk memotivasi OPD dalam meningkatkan tertib administrasi, akuntabilitas kinerja, akuntabilitas keuangan, serta sistem pengendalian internal. 

"Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh OPD untuk terus memperbaiki tata kelola administrasi dan keuangan mereka," ujar Muhaimin.

Ia pun berharap dapat memperkuat sistem pengawasan di Kota Balikpapan, memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap aspek pemerintahan, serta mendorong kemajuan kota ke arah yang lebih baik.

Di kesempatan itu, Inspektur Inspektorat Kota Balikpapan, Silvi Rahmadina, menjelaskan bahwa penghargaan ini bertujuan untuk mendorong pengawasan yang lebih kuat dan teratur di semua OPD, dengan tema "Pengawasan Kuat, Balikpapan Maju." 

Silvi juga menyebutkan bahwa kegiatan ini diikuti dengan sosialisasi yang menghadirkan narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Kaltim dan Inspektorat Kota Balikpapan.

Pengawasan yang telah dilakukan mencakup audit, review, evaluasi, dan pengawasan lainnya selama semester II-2023 dan semester I-2024. 

"Inspektorat juga membuka layanan konsultasi dan memberikan rekomendasi hasil pemeriksaan internal," tambah Silvi. ***