Penghujung Tahun 2023, Wisata Bambu Wanadesa Hadir di Balikpapan
Bisnis

Penghujung Tahun 2023, Wisata Bambu Wanadesa Hadir di Balikpapan

  • BALIKPAPAN – Baru saja meresmikan pembukaan wisata alam dan agroforestry Tanjung Gading di Kilometer 12 dalam Kelurahan Karang J
Bisnis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Baru saja meresmikan pembukaan wisata alam dan agroforestry Tanjung Gading di Kilometer 12 dalam Kelurahan Karang Joang. Tepat hari Sabtu, 23 Desember 2023, masyarakat di kilometer 15 juga tak mau kalah dengan menyediakan fasilitas wisata alam yang sangat potensial, yakni Wisata Bambu Wanadesa Kota Balikpapan.

Wisata Bambu Wanadesa diresmikan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman bersama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, dr.Cokorda Ratih Kusuma di Bambu Wanadesa Kelurahan Karang Joang.

Mewakili Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud dalam peresmian wisata Bambu Wanadesa dilakukan dengan pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita oleh Staf Ahli Pemkot Balikpapan Arzaedi Rachman. 

Pihaknya menyambut baik adanya wisata baru ini apalagi Balikpapan sebagai Kota Penyangga Ibu Kota Negara baru. 

“Kita memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan dan fasilitas yang mendukung perkembangan ekonomi, sosial, dan pariwisata,” ungkapnya di depan Kelompok Sadar Wisata dan masyarakat sekitar. 

BACA JUGA:

Wisata alam yang ada di Balikpapan ini bukan hanya menjadi tempat pelesiran semata, tetapi menurutnya juga menjadi bagian dari komitmen bersama untuk melestarikan lingkungan dan memberdayakan masyarakat.

Arzaedi mengatakan keberadaan wisata bambu wanadesa tidak bisa terwujud tanpa kolaborasi yang erat antara pemerintah kota balikpapan, dinas lingkungan hidup, dan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. 

“Ini adalah bukti nyata bahwa pembangunan dapat berjalan sukses ketika dilakukan melalui partisipasi aktif dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat,” tandasnya. 

Dia menambahkan tak hanya pada sektor pariwisata, Pemkot Balikpapan juga berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian dan kehutanan. 

“Hari ini, pemerintah menyerahkan sarana dan prasarana bagi kelompok tani hutan (KTH)) sebaai wujud mendukung para petani dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian dan kehutanan,” tutupnya. (*)