Pengurus NPCI Kaltim Dilantik, Ajak Seluruh Pihak Berikan Dukungan
Kabar Ibu Kota

Pengurus NPCI Kaltim Dilantik, Ajak Seluruh Pihak Berikan Dukungan

  • Pelantikan Pengurus NPCI Provinsi Kaltim 2023-2028 diketuai oleh Suhariyanto dan ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan pengukuhan pengurus NPCI Provinsi Kaltim 2023-2028, serta penyerahan bendera pataka NPC Indonesia.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Penjabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menyerukan kepada seluruh pihak untuk memberikan dukungan kepada para penyandang disabilitas (difabel) agar mereka dapat terus berkarya, berdaya, dan meraih prestasi.

"Kalau berbeda (difabel), pastilah mereka berbeda, tapi jangan dibeda-bedakan," kata Akmal dalam sambutannya di acara pelantikan Pengurus National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Provinsi Kaltim masa bhakti 2023-2028 di Grand Senyiur Balikpapan, pada Ahad, 26 Mei 2024.  

Akmal menegaskan bahwa para difabel memiliki keterbatasan, dan oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban pemerintah, KONI, DBON, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan perhatian dan dukungan yang serius.

"Buka mata, buka hati kita, beri perhatian dan dukungan. Kalau atlet normal dapat peralatan olahraga yang bagus, maka difabel juga berhak mendapat fasilitas terbaik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Akmal menyebutkan bahwa para atlet paralympic Indonesia telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dengan meraih tidak kurang dari 29 medali emas dan 30 perak pada ajang Olimpiade Paralympic di China.

BACA JUGA:

"Prestasi tersebut menunjukkan betapa tinggi semangat dan besar perjuangan para difabel yang tidak kalah dengan atlet normal dalam mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," jelas Akmal.

Ia pun meyakinkan bahwa para atlet difabel (paralympic) mampu memberikan prestasi yang sama dengan para atlet olahraga lainnya.

"Kan tidak berbeda dengan prestasi yang diraih atlet-atlet olahraga kita yang kondisinya normal," sambungnya.

Akmal juga memastikan bahwa alokasi anggaran dan reward bagi para atlet paralympic tidak akan berbeda dengan para atlet olahraga lainnya.

"Kita yakin teman-teman kita para difabel juga patriot olahraga, sama seperti teman-teman kita yang atlet olahraga normal lainnya," tegasnya.

Pelantikan Pengurus NPCI Provinsi Kaltim 2023-2028 diketuai oleh Suhariyanto dan ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan pengukuhan pengurus NPCI Provinsi Kaltim 2023-2028, serta penyerahan bendera pataka NPC Indonesia. ***