Pengurus YKI Cabang Balikpapan Dikukuhkan, Program Deteksi Dini Kanker Jadi Prioritas
Kabar Ibu Kota

Pengurus YKI Cabang Balikpapan Dikukuhkan, Program Deteksi Dini Kanker Jadi Prioritas

  • IBUKOTAKINI.COM - Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan masa bakti 2023-2028 resmi Dikukuhkan Koordinator YKI Provinsi Kal
Kabar Ibu Kota
mala

mala

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan masa bakti 2023-2028 resmi Dikukuhkan Koordinator YKI Provinsi Kalimantan Timur di Auditorium Balaikota Balikpapan, pada Kamis 31 Agustus 2023. 

Pengukuhan YKI Cabang Balikpapan dilakukan oleh Ketua Koordinator YKI Provinsi Kaltim, Encik Widyani Sjaraddin, dan disaksikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. 

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus YKI Cabang Balikpapan.

"Semoga terus meningkatkan sinergi dalam upaya pencegahan penyakit kanker," ucapnya dalam sambutan.

Ia mengatakan pembangunan Kesehatan Kota Balikpapan diarahkan pada peningkatan upaya promotif dan preventif. Di samping peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat. 

BACA JUGA:

Hal ini meliputi upaya pencegahan penyakit menular ataupun tidak menular. Dengan cara memperbaiki kesehatan lingkungan, gizi, perilaku dan kewaspadaan dini. 

"Upaya itu tentunya membutuhkan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai kelompok masyarakat agar penanganan kesehatan terlaksana secara holistik," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua YKI Cabang Balikpapan Sri Soetantinah menjelaskan pengurus YKI Balikpapan sudah selama tiga periode. 

"Untuk tahun ini masih melanjutkan program tahun lalu yaitu deteksi dini Kanker payudara dan serviks. Penyuluhan ke masyarakat dan sekolah. Deteksi dini, kemudian Iva Test diberikan secara gratis," sebutnya.

Selain deteksi dini kanker dan penyuluhan, lanjut Sri Soetantinah, YKI juga memberikan bantuan bagi penderita Kanker yang tidak mampu, bukan untuk pengobatan tapi pendukungnya banyak. 

"Seperti harus ke rumah sakit perlu biaya. Padahal pengobatan Kanker harus sampai tuntas. Kemudian memberikan bantuan susu dengan protein tinggi untuk mengembalikan kondisinya di mana pasien dalam tahap kemoterapi," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Koordinator YKI Provinsi Kaltim, Encik Widyani Sjaraddin, mengucapkan selamat dan selamat bekerja. 

"Semoga pengukuhan ini jadi motivasi dan semangat dalam berkiprah," tambahnya. (*)