Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, bersama Gubernur Sumsel Herman Deru menerima bantuan sebesar Rp2 triliun dari keluarga pengusaha asal Langsa, Aceh Timur, Almarhum Akidi Tio untuk penanganan Covid-19, Senin (26/7/2021)
Kabar Ibu Kota

Pengusaha Keturunan Tionghia Sumbang Penanganan Covid-19 Rp 2 Triliun

  • IBUKOTAKINI.COM, PALEMBANG - Nama mendiang Akidi Tio hari ini banyak disebut di berbagai media massa karena aksi sosial keluarganya yang menyumbangkan uang deng
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM, PALEMBANG - Nama mendiang Akidi Tio hari ini banyak disebut di berbagai media massa karena aksi sosial keluarganya yang menyumbangkan uang dengan nilai fantastis yakni sebesar Rp2 triliiun kepada Polda Sumsel untuk membantu penanganan Covid-19.

Akidi Tio merupakan pengusaha keturunan Tionghoa yang dikenal sebagai kontraktor asal Aceh. Mendiang Akidi Tio melalui anak-anaknya dan dokter yang sempat merawatnya saat sakit menyerahkan sumbangan Rp2 triliun tersebut kepada Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, di Mapolda setempat Senin (26/7/2021).

Kapolda mengatakan, bantuan tersebut akan disalurkan untuk kebutuhan penanganan Covid-19 di Sumsel. Menurutnya, amanah tersebut merupakan tanggungjawab yang besar.

“Tanggung jawab kita menyalurkan niat baik keluarga Almarhum Akidi Tio ini agar bisa tersampaikan ke masyarakat. Tentu tetap mematuhi prosedur hukum yang ada,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya akan membuat tim khusus baik dari Polda Sumsel maupun pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel agar proses penyaluran tetap sasaran dan sesuai harapan dari pihak keluarga Almarhum Akidi Tio.

Dokter Keluarga Almarhum Akidi Tio, sekaligus sebagai perwakilan pihak keluarga, Prof dr Hardi Darmawan mengatakan, bantuan tersebut merupakan amanah yang diberikan almarhum Akidi Tio dan direalisasikan para anaknya.

“Dia (almarhumah) punya anak 7 orang. Semua anaknya sudah sukses. Mereka memberikan bantuan kepada Polda Sumsel, karena Pak Eko ini sudah kenal dekat dengan almarhum dan keluarga sejak lama,” ucapnya.

Prof Hardi juga menyebut selama hidupnya, Akidi Tio memang dikenal sebagai sosok yang dermawan.

"Semasa hidupnya almarhum Akidi selalu berpesan kepada anak dan cicitnya untuk memberikan kepedulian kepada sesama. Semua anak almarhum menjadi pengusaha, amanah inilah yang diteruskan oleh anak-anaknya," ujarnya.

Dia berharap, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan bagi kepentingan warga Sumsel dalam penanganan Covid-19.

“Untuk realisasi sumbangan ini, sepenuhnya kita serahkan kepada pihak Polda Sumsel. Bisa saja untuk kebutuhan vaksinasi, perawatan pasien Covid-19, kebutuhan oksigen dan lain sebagainya,” kata mantan Direktur Rumah Sakit RK Charitas Palembang tersebut.

Berdasarkan penelusuran, Akidi Tio merupakan kontraktor asal Langsa, Kabupaten Aceh Timur. Semasa hidupnya ia pernah tinggal di Palembang. Salah seorang dari tujuh anaknya juga berdomisili di kota berjuluk Bumi Sriwijaya itu.

Meski begitu, sejumlah tokoh masyarakat Tionghoa Palembang yang turut diundang menghadiri penyerahan sumbangan dengan angka fantastis tersebut mengaku tidak begitu mengenal almarhum.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terimakasih yang cukup dalam kepada keluarga besar almarhum Akidi, melalui anak-anak beliau yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat di Sumsel yang terdampak Covid-19.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak atas sumbangsihnya. Insya Allah bantuan ini akan segera kita berikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,” katanya. (*)