Penuhi Kebutuhan Air di Balikpapan, DPU Bersama PTMB Lakukan Sharing Air dari Bendungan Sepaku Semoi
Kabar Ibu Kota

Penuhi Kebutuhan Air di Balikpapan, DPU Bersama PTMB Lakukan Sharing Air dari Bendungan Sepaku Semoi

  • IBUKOTAKINI.COM - Untuk memenuhi Kebutuhan air bersih di Kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan bersama Perusahaan Tirta Manuntung Balikp
Kabar Ibu Kota
agus trihanton

agus trihanton

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Untuk memenuhi Kebutuhan air bersih di Kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan bersama Perusahaan Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) melakukan upaya salah satunya untuk dapat merealisasikan sharing air dari bendungan Sepaku Semoi.

Demikian ditegaskan Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan, Nurlaili, baru-baru ini dalam Konferensi Pers. 

Sharing air dari bendungan Sepaku Semoi untuk Ibu Kota Negara dan Balikpapan, harapannya Balikpapan bisa mendapatkan air dengan 1000 liter/detik. Namun, saat ini yang sudah di setujui masih 500 liter/detik. 

"Untuk jaringannya kita sedang upayakan untuk menggunakan skema pembayaran dengan sistem KPBU," ujarnya.

Untuk SPAM Sepaku Semoi, nilai investasi sebesar Rp 2 triliun untuk cakupan lingkup KPBU adalah untuk pembangunan resertoar, jaringan pipa distribusi, pipa trasmisi dan juga membangun spam yang langsung dapat dikonsumsi.

BACA JUGA:

Ia menjelaskan saat ini sudah tahap selesai studi pendahuluan oleh Bappenas dan akan berlanjut pada proses pengajuan pendanaan ke Kementerian Keuangan. 

"Yang kita butuhkan 1000 liter/detik tapi yang disetujui sementara 500/detik. Kita masih menunggu kepastian dan masih berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan Otorita IKN," ungkap Nurlaili.

Jika kebutuhan air 1000/detik disetujui, DPU mengkaji dapat memenuhi sebanyak 80 ribu sambungan rumah. (Ken)