lonjakan penumpang, pihak Bandara SAMS Sepinggan telah membuka extra flight
Kabar Ibu Kota

Penumpang Mudik Bandara SAMS Sepinggan Capai 21 Ribu

  • Pada Sabtu, 6 April 2024, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan mencatat jumlah arus mudik mengalami jumlah tertinggi dibanding hari normal. Di mana pada hari tersebut tercatat jumlah mudik datang dan pergi berjumlah 21 ribu penumpang
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan mencatat jumlah arus mudik pada Sabtu (6/4) terpadat dibanding hari normal. 

Di mana jumlah penumpang arus mudik yang tercatat hamper 21 ribu penumpang berangkat dan tiba di bandara SAMS Sepinggan pada Sabtu kemarin. Sementara hari ini (7/4) diperkirakan sekitar 20 ribu penumpang. 

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Ahmad Syaugi Shahab mengatakan dalam mempersiapkan arus mudik lebaran tahun ini telah dipersiapkan dengan baik. Yang melibatkan maskapai penerbangan dan para pemangku kepentingan bandara.

"Penumpang tidak ada yang ketinggalan pesawat. Hari ini pun diperkirakan akan ada sekitar 20 ribu penumpang,” jelas Syaugi ketika mendampingi Pj Gubernur Akmal Malik meninjau Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada Minggu 7 April 2024. 

BACA JUGA:

Dari jumlah tersebut bahwa 14-15 ribu penumpang berangkat, sementara 5 sampai 6 ribu penumpang tiba di Balikpapan.

Sementara untuk tujuan penerbangan terbanyak, Syaugi juga mengungkapkan bahwa rute yang sering dituju para penumpang adalah dari dan menuju Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Tarakan.

Ia juga menambahkan bahwa untuk saat ini hampir tidak ada delay. Namun ada beberapa ekstra penerbangan.

Selanjutnya, untuk menghadapi arus balik, pihaknya mengatakan bahwa Bandara SAMS Sepinggan memperkirakan jumlah penumpang akan tetap sekitar 20 ribu. Syaugi berharap angka ini bisa lebih tinggi, terutama dengan banyaknya tamu yang datang.

"Kami telah menambah 36 ekstra penerbangan sejak H-7 lebaran. Dengan rekor tertinggi kemarin mencapai 21 ribu penumpang pada hari Sabtu, dan pada hari Jumat jumlahnya mencapai 20 ribuan,” pungkasnya. ***