Ilustrasi
Kabar Ibu Kota

Penyaluran Dana Desa Masih Ada Yang Terkendala Aspek Teknis dan SDM

  • Pada pencairan tahap III, tercatat baru 197 desa di Kabupaten Berau, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser yang sudah menerima penyaluran dari total 841 desa yang seharusnya menerima dana desa.

Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

SAMARINDA—Penyaluran dana desa di Provinsi Kalimantan Timur masih ada yang terkendala masalah terkait sumber daya manusia dan aspek teknis yang menyebabkan pencairan tidak bisa tepat waktu.

Kepala Bidang Pembangunan Desa dan Kawasan Pedesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Raini Tisnadewi mengatakan bahwa masih ada hal teknis yang tidak dipahami oleh aparat desa, seperti kesalahan administrasi keuangan, perencanaan dan penyusunan laporan keuangan.

“Kita harapkan pengelolaan dana desa lebih baik dari sebelumnya, sehingga pencairannya juga bisa dipercepat, sehingga tidak mengganggu proses pembangunan desa maupun dalam pemberdayaan masyarakat desa,” kata Riani.

Pada pencairan tahap III, tercatat baru 197 desa di Kabupaten Berau, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser yang sudah menerima penyaluran dari total 841 desa yang seharusnya menerima dana desa.

“Untuk panyaluran dana desa tahap III, masih terdapat 644 desa yang belum tersalur. Tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur dan Kabupaten Mahakam Ulu,” katanya

Pada penyaluran dana desa tahap pertama, terdapat tiga desa yang mengalami kendala yakni di Kabupaten Kutai Timur dengan status pencairannya sangat terlambat. Sementara pada penyaluran dana desa tahap kedua, masih terdapat 26 desa belum salur yang lokasinya tersebar 5 kabupaten dan terbanyak di Kabupaten Kutai Timur ada 11 desa dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) 10 desa. Adapun, Kabupaten Paser dan PPU telah menyalurkan 100 persen.

Dia mengharapkan kepala desa dan perangkat desa bisa mendapatkan solusi dalam upaya percepatan panyaluran dana desa tahap akhir ini.