Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik
Kabar Ibu Kota

Penyediaan Air Bersih lintas Daerah Jadi Perhatian

  • SAMARINDA - Itjen kemendagri mengevaluasi kinerja Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik.
Kabar Ibu Kota
Hadi Zairin

Hadi Zairin

Author

SAMARINDA, IBUKOTAKINI.COM - Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Itjen Kemendagri) meminta Pemerintah Kalimantan Timur menyelesaikan persoalan penyediaan air bersih lintas kabupaten. 

Permintaan itu terungkap dalam Rapat Penilaian Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah Triwulan II yang berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Itjen Kemendagri, Senin (1/4/2024). 

Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik dalam pernyataan resmi mengatakan sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan hingga masa jabatanya berakhir.

“Ada catatan-catatan disampaikan oleh evaluator, contoh perlu membuat neraca penanganan stunting, kemudian menyiapkan regulasi peraturan gubernur (Pergub),” kata Akmal dikutip Selasa, 2 April 2024.

“Tadi juga diminta menyelesaikan persoalan penyediaan air lintas kabupaten,” imbahnya. Menurut Akmal, tim pengawas umum yang dilakukan oleh Pemerintah agar nantinya bisa memperbaiki kinerja pemerintah daerah.

BACA JUGA:


“Pola ini lah yang membangun hubungan pusat dan pemerintah daerah akan lebih baik,” ungkapnya. 

Akmal mengatakan Kaltim mengapresiasi yang telah dilakukan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri. 

Ia menyampaikan rasa syukurnya telah menyelesaikan evaluasi kinerja Gubernur Triwulan kedua untuk Kalimantan Timur. 

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan evaluasi triwulan kedua untuk Kalimantan Timur. Secara umum kita melaporkan kinerja melalui perbaikan, baik dari kesehatan, indikator-indikator naik semua. Juga pendapatan kita melebihi, malahan triwulan ini, kemudian pelayanan publik juga meningkat dengan cukup bagus,” ucapnya. 

Pejabat Kemendagri ini menambahkan, Sekretaris Daerah Kaltim juga menyampaikan banyak hal tentang pencapaian Kaltim. "Dan mereka apresiasi, secara umum kinerja kita bagus,” terangnya. 

Hadir Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, Kepala Bapenda Ismiati, Kepala Bappeda Yusliando, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Irhamsyah, Kepala Inspektorat Wilayah Provinsi Kaltim M Irfan Pranata, perwakilan Biro Pemerintahan Kasmawati, Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Provinsi Kaltim Fida Nuzban dan Tenaga Ahli Pj Gubernur Kaltim Emeralda Ayu Kesuma. ***