Penyegaran Organisasi, Wali Kota Buka RAC INSA ke X
Ekonomi

Penyegaran Organisasi, Wali Kota Buka RAC INSA ke X

  • BALIKPAPAN - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Pemgusaha Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (Indonesian Nasional Shipowners
Ekonomi
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Pemgusaha Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (Indonesian Nasional Shipowners Association) menggelar Rapat Anggota Cabang (RAC) INSA ke X Tahun 2023, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan pada Kamis, 9 November 2023.

Dengan tema profesionalisme insa maritim sebagai mitra pemerintah daerah untuk mendukung Kota Balikpapan menjadi beranda pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Rapat Anggota Cabang dibuka melalui virtual oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud sekaligus Ketua DPC INSA Periode 2019-2023.

Maksud RAC INSA ke-X Tahun 2023 ini digelar untuk menetapkan dan mengesahkan Jadwal Acara, Quorum RAC dan Tata tertib Sidang / Pleno. Selain itu, RAC juga dimaksudkan untuk memilih pimpinan pleno dan menanggapi pertanggung jawaban pengurus DPC INSA masa bhakti 2019 - 2023.

Saat memberikan sambutan, Wali Kota berharap kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi dalam mendukung program pemerintah mengakselerasikan perubahan ekonomi sekaligus kelancaran proses pembangunan Ibu Kota Negara.

Meski masih banyak program pemerintah yang membutuhkan dukungan para pengusaha pelayaran niaga nasional Indonesia. Kota Balikpapan baru saja menjadi tuan rumah pelaksanaan program investasi daerah yang berada di Alur Laut kepulauan Indonesia (ALKI) II. Forum tersebut melibatkan 11 daerah yang dilintasi jalur ALKI II. 

"Program tersebut menyepakati peningkatan kerja sama dibidang ekonomi, pariwisata serta pertanian dalam arti luas. Dengan peningkatan kerja sama maka kesibukan ALKI II akan meningkat karena alur ini sangat vital bagi logistik dan perdagangan nasional dan internasional," jelasnya.

BACA JUGA:

Potensi nilai perdagangan melalui jalur ALKI II sebesar 1,5 juta dolar per hari hal ini memicu pertumbuhan perkonomian daerah yang dilalui ALKI II mencapai  5,4 persn hingga 6,03 persen diatas rata-rata nasional.

Tentunya dengan peningkatan volume barang yang melalui jalur ALKI II ini merupakan indikator kuat dari potensi yang ada dan didukung dengan kondisi geografis yang telah membantu membagun ekosistem pelayaran yang kuat diwilayah ini.

Oleh karena itu, kegiatan rapat anggota cabang ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk bisa saling berkolaborasi dan bersinergi untuk memajukan Kota Balikpapan.

"Semoga menghasilkan program kerja yang dapat dijalankan oleh para anggota dan tentunya bermanfaat untuk masyarakat," ucapnya.

Atas nama Ketua DPC INSA periode 2019-2023, ia pun mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua anggota INSA, yang telah berpartiapasi dalam menjaga dan berkontribusi didalam dunia pelayaran dan maritim di Kalimantan Timur khususnya di Balikpapan. 

"Mari kita tingkatkan kerja sama kita dan manfaatkan potensi yang ada untuk saling bersinergi dan berkolaborasi. Kita menjadi tuan rumah di rumah sendiri. Mari kita selaras dalam membangun dan bersinergi dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim di dunia," terangnya.

Ketua Panitia, Saleh mengatakan tujuan RAC INSA dihelat untuk melakukan penyegaran dan memberdayakan pengurus DPC INSA Balikpapan, agar selalu bersinergi dengan Pemerintah Kota, guna menjadikan perusahaan pelayaran maupun keagenan yang berdomisili di kota ini menjadi perusahaan pelayaran yang mandiri, dan bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Tentunya dengan semangat, kerja keras, dan kerja cerdas. Demikian pula, pengurus harus mampu bermitra dengan regulator untuk mewujudkan terciptanya kelancaran, keamanan, dan keselamatan pelayaran di alur sekitar perairan pelabuhan Balikpapan. ***