Penyaluran BST Tahap kedua di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (4/10/2021)
Kabar Ibu Kota

Penyerapan BST Tahap I Mencapai 52 Persen

  • IBUKOTAKINI.COM – Penyerapan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap pertama yang bersumber APBD Kota Balikpapan baru mencapai 52 persen dari 14.406 penerim
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Penyerapan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap pertama yang bersumber APBD Kota Balikpapan baru mencapai 52 persen dari 14.406 penerima. Pasalnya, belum terserapnya 100 persen BST tersebut disebabkan data yang masuk rata-rata dobel bansos. 

Pihak Kantor Pos Cabang Balikpapan, yang digandeng Pemerintah Kota Balikpapan untuk proses penyalurannya. Dengan adanya dobel penerima bansos maka Kantor Pos tidak memberikannya. Dimana sesuai aturan, apabila sudah menerima bantuan sosial dari pusat tak dapat menerima dari pemda. 

“Tidak berani menabrak aturan yang ditetapkan BPK dan KPK dalam penyaluran Bansos jangan sampai ada yang mendapat dobel dan dikemudian hari akan jadi temuan BPK ataupun KPK,” jelas Kepala Kantor Pos Cabang Kota Balikpapan, Taufik Dadi Marala, usai penyerahan BST tahap kedua di halaman kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (4/10/2021). 

Ia menjelaskan belum mencapainya 100 persen itu karena data yang masuk rata-rata dobel bansos, ada yang dapat bantuan beras, ada yang dapat bantuan dari DTKS, ada yang dapat bantuan beras dari BPNT.

“Untuk tahap kedua kemungkinan tingkat realisasi penyaluran lebih bagus dibanding tahap satu, karena penerima rekomendasi dari OPD langsung,” tukas Taufik. Adapun masing-masing penerima manfaat memperoleh Rp300 ribu. 

Sementara itu, BST tahap kedua penerimanya bersumber dari beberapa OPD dengan total 6.282 penerima.

“Ada yang berasal dari Disnaker 21 penerima, Dishub 1.374 penerima, UMKM 4.367 penerima, Disporapar 120 penerima, yang disalurkan mulai 7 hingga 10 Oktober,” sebut Taufik Dadi Marala.

Taufik menambahkan, untuk lokasi penyaluran ada dibeberapa titik lokasi yang sudah ditentukan, seperti GOR Baru Ulu, GOR Manggar Baru, Gedung Kesenian dan Kantor Pos Klandasan.

“Bagi yang pada hari H nya berhalangan datang, bisa mengambil BST Tahap kedua di Kantor Pos Klandasan,” tambahnya.