Peparprov IV Kaltim Dibuka, Balikpapan Jadi Tuan Rumah Penyelenggara
Kabar Ibu Kota

Peparprov IV Kaltim Dibuka, Balikpapan Jadi Tuan Rumah Penyelenggara

  • BALIKPAPAN – Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Provinsi Kalimantan Timur resmi dibuka. Dan tahun ini Balikpapan sebagai tuan
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Provinsi Kalimantan Timur resmi dibuka. Dan tahun ini Balikpapan sebagai tuan rumah  penyelenggara. 

Pembukaan Peparprov IV oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Pariwisata Provinsi Kaltim Agus Hari Kesuma mewakili Pj Gubernur Kaltim, dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di Gedung Balikpapan Sport Convention & Center (BSCC)/Dome pada Rabu malam, 15 November 2023. 

Cabor yang dipertandingkan yakni ada 13 adalah renang, atletik, Bosia, panahan dan lainnya. Dengan 8 venue yakni Dome, lapangan Tenis Indoor, Lapangan Menembak, Kolam Renang Mulawarman, Lapangan Sudirman, Hevindo dan Lapangan Merdeka. 

Pelaksanaan mulai tanggal 15 -20 November 2023. Peserta Peparprov 2023 sebanyak 584 orang, dengan jumlah atlet paralympic 486 atlet dan 99 pelatih atau official dengan 582 nomor tanding yang memperebutkan 582 medali emas, 582 medali perak dan 765 medali perunggu. 

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Balikpapan berpesan kepada atlet untuk menjunjung tinggi sportivitas untuk mengharumkan daerah. 

“Harapan kami bisa mempertahankan bahkan meningkatkan prestasinya baik nasional maupun internasional,” kata Ratih Kusuma membacakan sambutan wali kota. 

Ratih menyebut suatu kehormatan bagi kota Balikpapan yang ditunjuk menjadi tuan rumah Peparprov Kaltim ke IV tahun 2023. Peserta juga mendapat akomodasi transportasi dan hotel dengan pembiayaan dari APBD Kaltim 2023.

BACA JUGA:

“Saya melihat penting Peparprov ke IV ini dengan tema bangkit satu tekad meraih kemenangan. Peparprov di Kota Beriman Balikpapan bukan hanya soal bicara prestasi tapi juga lebih ajang silaturahmi sesama atlet, pelatih dan official yang tergabung dalam NPCI,” tandasnya.

Di samping itu Peparprov bagian dari pembinaan atlet yang bertujuan meningkatkan prestasi baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional. 

“Kita harus memberikan dukungan penuh kepada atlet, pelatih yang mengharumkan kabupaten kota se Kalimantan Timur. selain itu kegiatan ini mampu mencetak prestasi yang lebih tinggi,” harapnya.

Pembukaan ditandai dengan tari-tarian, defile dan pemberian secara simbolis kartu BPJS Kesehatan bagi atlet.

Agus Hari Kesuma mengatakan pelaksanaan Peparprov ke 4 ini menjadi ajang seleksi bagi atlet paralympic untuk bisa berprestasi dan bisa mewakili Kaltim pada ajang nasional di Medan dan Aceh pada tahun 2024.

“Kami mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga melalui ajang ini tumbuh atlet baru untuk ajang selanjutnya di Medan dan Aceh 2024 mendatang,” tutupnya. (*)