Taman Bekapai Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Percantik Taman Bekapai, DLH Kerahkan Petugas

  • IBUKOTAKINI.COM – Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan akan mempercantik Taman Bekapai yang berlokasi di tengah Kota Balikpapan. Taman Bekapai yang telah berd
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan akan mempercantik Taman Bekapai yang berlokasi di tengah Kota Balikpapan. Taman Bekapai yang telah berdiri puluhan tahun ini akan dipercantik agar bisa dimanfaatkan area publik.

Pasalnya, saat ini Taman Bekapai yang berada di Jalan Jenderal Sudirman ini terlihat tidak terawat. Seperti air pancur yang mesinnya rusak, pohon yang tinggi dan beberapa lainnya yang harus dibersihkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sudirman Djayaleksana mengatakan saat ini tim dari DLH dikerahkan untuk mulai membersihkan taman. Seperti memotong pohon yang menutupi taman yang dilakukan sejak Sabtu lalu (5/2). 

“Dari kemarin 80-an petugas, hari ini kita bagi lagi ada sekitar 50-an petugas,” ungkap Sudirman Djayaleksana, Senin (7/2/2022). 

Menurutnya, taman ini kondisinya banyak kerusakan setelah tak terurus. Bahkan air pancur juga sudah lama tak bisa difungsikan karena rusak dan tiang penghias taman sudah keropos. 

“Selama pembenahan taman Bekapai sementara ini ditutup untuk umum. Pihak DLH telah memasang pengumuman penutupan taman,” tukasnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Satpol PP agar rajin melakukan razia dan patroli. Sementara empat orang tuna wisma diserahkan ke Dinas Sosial agar tak kembali lagi ke Taman Bekapai.

“Kita pos keamanan kita hidupkan lagi. Nanti ada penjaga malamnya lagi. Kan beberapa tahun gak ada,” ucapnya.

Nantinya Taman Bekapai tersebut akan dipercantik dengan lampu-lampu hias. Termasuk air pancur akan di hidupkan kembali. Hanya saja harus menunggu anggaran yang tidak sedikit.

“Rencananya penerangannya mau kita maksimalkan supaya gak disalahgunakan lagi. Kita bikin terbuka, kan taman-taman sekarang (dipercantik) diberi pencahayaan  lampu-lampu hias,” terang mantan Kadishub ini.

Anggaran akan diajukan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Jika tidak akan menunggu APBD Perubahan 2022 sehingga bisa segera dikerjakan.

“Nanti kita coba usulkan ke Bappeda melalui pergeseran anggaran atau dalam APBD Perubahan nanti untuk perbaikan yang rusak-rusak. Taman kan baru diserahkan ke DLH,” ujarnya.