Jalan penghubung diharapkan mengurangi kemacetan di Kota Samarinda
Kabar Ibu Kota

Percepat Penanganan Macet di Samarinda

  • SAMARINDA - Jalan akses penghubung dari Jalan S Parman - Jalan KH Samanhudi Kota Samarinda dibuka Februri 2024.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

SAMARINDA, IBUKOTAKINI.COM - Tak lama lagi warga kawasan Kemakmuran dan Lambung Mangkurat di Kota Samarinda bakal terbesa dari kemacetan.  

Akses penghubung dari Jalan S Parman -  Jalan KH Samanhudi yang dibangun Pemerintah Provinsi Kaltim diperkirakan rampung akhir bulan Januari ini.

“Rencana Februari ini sudah bisa dilewati,” kata Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik dalam keterangan resmi, Selasa 16 Januari 2024.

Jalan penghubung ini dibangun dengan tujuan untuk memperlancar arus lalu lintas, khususnya di kawasan S Parman, Akhmad Yani, Lambung Mangkurat, Kemakmuran dan Jalan Remaja.

Usulan pembangunan jalan akses tersebut sudah disetujui sejak era Gubernur Kaltim Isran Noor.

BACA JUGA:

Pembangunan bisa dilakukan sebab saat ini sudah tidak ada lagi aktivitas penerbangan di eks Bandara Temindung tersebut menyusul beroperasinya Bandara APT Pranoto di Sei Siring.

“Sebelum ada Bandara Temindung, dulu sudah ada jalan ini. Ditutup karena ada bandara. Sekarang kita buka lagi,” tambah Akmal.

Kepala Dinas PUPR Pera Kaltim Aji Fitra Firnanda menjelaskan pembangunan jalan akses ini menggunakan APBD Kaltim 2023 sebesar Rp10 miliar.

Total penanganan jalan akses sepanjang 290 meter dengan lebar badan jalan 20 meter. Drainase 1,1 meter dan trotoar 1 meter.

BACA JUGA:

“Target selesai akhir Januari 2024,” ucap Nanda.

Selain itu juga dibangun box culvert/cross drain atau gorong-gorong untuk drainase (saluran air) di bawah jalan dengan ukuran 2 meter x 2 meter dan panjang 22 meter.

“Mudah-mudahan bisa membantu kelancaran lalu lintas pengguna jalan di sana. Karena tidak perlu memutar lagi. Bisa langsung,” tutup Nanda. ***