Ilustrasi
Kabar Ibu Kota

Perekaman IKD, Disdukcapil Balikpapan Jalankan Program Goes To Campus

  • IBUKOTAKINI.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) “Goes to Campus” jadi program pelayanan jemput bola di sejumlah universitas atau pergur
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) “Goes to Campus” jadi program pelayanan jemput bola di sejumlah universitas atau perguruan tinggi.

Sejumlah kabupaten/kota di Indonesia telah melaksanakan program ini agar dapat melaksanakan pemerataan pelayanan. Khususnya, kepada para pelajar dan akademisi.

Disdukcapil Kota Balikpapan juga telah menjalankan program ini. Pelayanan yang dilakukan masih berkaitan dengan IKD (Identitas Kependudukan Digital).

“Ini sedang kami laksanakan jemput bola ke kampus-kampus untuk melaksanakan perekaman,” ucap Tirta Dewi, Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, Kamis (27/4/2023).

BACA JUGA:

Ke depannya, ia berharap perekaman IKD ini pun bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat tanpa mengharuskan datang ke tempat pelayanan atau secara tatap muka.

“Mudah-mudahan, nantinya ada sistem atau aplikasi yang baru, sehingga tidak lagi kita merekam seperti awal atau kita datang secara face to face. Tetapi, sudah bisa dilakukan by handphone secara mandiri oleh warga yang sudah memiliki KTP-El (Kartu Tanda Penduduk Elektronik),” katanya.

Untuk diketahui, IKD adalah bentuk penyederhanaan dari KTP-El fisik yang kerap kali menjadi persyaratan dalam berbagai kebutuhan pelayanan masyarakat. Diharapkan persyaratan KTP-El ini bisa digantikan dengan adanya IKD

“Sebagai pengganti yang nantinya bisa dikoneksikan untuk semua layanan berbasis KTP, khususnya pelayanan secara digital,” pungkasnya. ###