Prayunita Utami
Kabar Ibu Kota

Perempuan Kutim Jangan Takut Berpolitik

  • KUTAI TIMUR - Dengan adanya representasi perempuan di parlemen, aspirasi perempuan dapat tersampaikan
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

KUTAI TIMUR, IBUKOTAKINI.COM - Keterlibatan kaum perempuan di dunia politik di Kabupaten Kutai Timur dinilai masih sangat rendah. Padahal banyak persoalan masyarakat paling mendasar, yang perlu pemikiran kaum perempuan. 

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Prayunita Utami mengajak kaum perempuan terjun di dunia politik.

Hal tersebut disampaikan Prayunita Utami saat menghadiri sosialisasi pengarusutamaan gender (PUG) di Gedung Serba Guna (GSG) Sangatta Utara, Kamis 2 November 2023.

Prayunita Utami beranggapan, PUG penting untuk dilakukan agar perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam berbagai bidang, termasuk politik. Ia menilai, perempuan memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah.

BACA JUGA:

"Perempuan harus terlibat dalam dunia politik karena mereka memiliki suara yang penting. Dengan adanya representasi perempuan di parlemen, aspirasi perempuan dapat tersampaikan dengan lebih baik," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini DPRD Kutim sedang menggodok Peraturan Daerah (Perda) PUG. Perda ini diharapkan dapat menjadi payung hukum bagi pelaksanaan PUG di Kutim.

"Kami berharap Perda PUG ini dapat segera disahkan agar pengarusutamaan gender dapat berjalan lebih efektif," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga memberikan motivasi kepada perempuan agar tidak takut untuk berpolitik. Ia mengatakan, perempuan memiliki kemampuan yang sama dengan laki-laki untuk menjadi pemimpin.

BACA JUGA:

"Jangan takut untuk berpolitik. Perempuan juga bisa menjadi pemimpin yang baik," tegasnya. (adv)