Budi daya rumput laut yang cukup menjanjikan bagi nelayan Kecamatan Sa,mboja
Bisnis

Perikanan dan Budidaya Rumput Laut Andalan Kecamatan Samboja

  • KUTAI KARTANEGARA - Produksi hasil perikanan dari Kecamatan Samboja sudah dijual ke daerah sekitar.
Bisnis
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Sektor perikanan dan budi daya rumput laut menjadi andalan Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dua sektor itu menjadi unggulan masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup.

Hal itu juga didukung letak geografi Kecamatan Samboja yang berada di wilayah pesisir dan berbatasan langsung dengan Kota Balikpapan, Samarinda, dan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Hal ini membuat sebagian besar penduduk di wilayah ini bekerja sebagai nelayan dan pembudidaya ikan tambak. Hasil produksi dari nelayan dan pembudidaya ikan di Samboja sebagian besar dikirimkan ke kota-kota besar di sekitarnya.

Camat Samboja, Damsik menyatakan, hal ini menjadikan Samboja memiliki potensi perikanan yang sangat besar, terutama di beberapa kelurahan seperti Tanjung Harapan, Kuala Samboja, Teluk Pemedas, dan Muara Sembilang.

"Sebagian wilayah ini yang ada di Samboja merupakan penghasil ikan terbesar di daerah ini," ungkap Damsik, Senin 30 Oktober 2023. 

BACA JUGA:

Meskipun ia tidak memiliki data pasti mengenai jumlah produksi ikan per bulan di Samboja, Damsik mengklaim bahwa produksi ikan di wilayah ini, sangat besar dan mampu memenuhi kebutuhan ikan di Kukar.

Selain menjual langsung kepada konsumen, para nelayan dan pembudidaya ikan di Samboja juga menjual hasil ikan mereka kepada para tengkulak di wilayah tersebut.

“Terkadang dari nelayanpun langsung menjual di pengepul ikan, ataupun kepada para pelanggan,” ujarnya.

Damsik menjelaskan bahwa terkadang nelayan bahkan menjual ikan mereka secara langsung kepada tengkulak. Namun, potensi perikanan bukan satu-satunya hal yang dimiliki oleh Samboja.

Damsik juga menunjukkan bahwa, wilayah ini merupakan salah satu penghasil rumput laut yang cukup signifikan.

BACA JUGA:

Banyak pembudidaya rumput laut yang beroperasi di sepanjang garis pantai Samboja, sehingga wilayah ini juga termasuk dalam daerah budidaya rumput laut di Kukar.

“Di Kecamatan Samboja ini, kita ada sektor luar biasa yang lainnya. Daerah kita juga termasuk tempat budidaya rumput laut di Kukar,“ tuturnya.

Damsik berharap bahwa potensi perikanan dan budidaya rumput laut ini akan terus berkembang, mendukung ekonomi lokal, dan memberikan manfaat bagi masyarakat di Kecamatan Samboja. (adv)